Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Produk Tabungan Impian dan Upaya Peningkatan Nasabah di PT BRI Syariah KCP Metro

Edo Fadli, Danes Mahendra (2019) Strategi Pemasaran Produk Tabungan Impian dan Upaya Peningkatan Nasabah di PT BRI Syariah KCP Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
DANES MAHENDRA EDO FADLI NPM.1502100019 - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Banksyariah merupakan suatu lembaga keuangan syariah yang berfungsi sebagai lembaga intermediasi. Pada kegiatan nya, bank syariah menjalankan berdasarkan prinsip syariah, baik kegiatan pendanaan, pembiayaan, maupun produk lainnya. Kegiatan utama bank syariah adalah menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat dalam bentuk pembiayaan. Semakin banyaknya lembaga perbankan di Indonesia akan menyebabkan persaingan antar bank. Hal ini lah yang menuntut bank untuk melakukan inovasi-inovasi pada produk-produk yang diluncurkan guna menarik minat nasabah menempatkan dananya.

Salah satunya inovasi produk pada PT. BRI Syariah adalah produk Tabungan Impian. Produk Tabungan Impian ini menggunakan akad mudharabah mutllaqah. Tabungan Impian merupakan suatu bentuk tabungan berjangka yang dirancang untuk mewujudkan impian nasabahnya. Dengan menggunakan satu tabungan ini, nasabah dapat mewujudkan berbagai keinginannya. Tabungan ini merupakan suatu tabungan yang memiliki berbagai keunggulan yang dapat memuaskan nasabahnya. Tabungan impian merupakan tabungan yang penarikananya menggunakan jangka waktu tertentu. Sehingga menyebabkan jumlah nasabah tabungan impian lebih sedikit dibandingkan dengan tabungan lainnya.

Penelitian ini merupakan penlitiankualitatif dengan melakukan analisis data secara deskriptif. Sumber data penelitian ini diperoleh dari sumber data primer dan sekunder dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni analisis data kualitatif, karena data yang didapat berupa uraian-uraian atau keterangan-keterangan yang didapat dari kegiatan wawancara. Analisis data tersebut menggunakan cara berfikir induktif yaitu yaitu berangkat dari informasi tentang strategi pemasaran produk Tabungan Impian PT. BRI Syariah KCP Metro, kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat umum tentang upaya peningkatan minat nasabah PT. BRI Syariah KCP Metro pada produk Tabungan Impian BRI Syariah iB melalui strategi pemasaran.

Hasil penelitian yang telah peneliti lakukan diketahui bahwa strategi pemasaran tabungan impian dan upaya meningkatkan minat nasabah di PT. BRI Syariah KCP Metro menggunakan strategi pemasaran 4P, yaitu product (produk), price (harga), place (tempat) dan promotion (promosi). Dalam mempromosikan produk tabungan impian PT. BRI Syariah KCP Metro memberikan kelebihan diantaranya gratis biaya administrasi bulanan tabungan dan sudah tercover dengan asuransi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 06 Feb 2020 07:04
Last Modified: 06 Feb 2020 07:04
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2161

Actions (login required)

View Item View Item