Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Skripsi Preferensi Konsumen Terhadap Layanan SPBU di Kota Metro Perspektif Ekonomi Islam

Prasetyo, Dego Armando (2019) Skripsi Preferensi Konsumen Terhadap Layanan SPBU di Kota Metro Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SEKRIPSI DEGO ARMANDO PRASETYO NPM. 1502040133 - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Preferensi memiliki arti pilihan atau kecenderungan individu dalam memilih produk dan jasa, yang berarti kebebasan individu dalam memilih. Islam menanggap kebebasan adalah sebagai fondasi dari nilai-nilai kemanusiaan dan kemuliaan manusia. Kebebasan yang membedakan manusia dengan mahluk lainya. Al-Quran menjelaskan pengetahuan dan kekuasaan Allah atas apa-apa yang telah ditetapkan Nya untuk manusia.konsumen adalah seseorang atau kelompok yang melakukan serangkaian kegiatan konsumsi barang atau jasa. Keputusan konsumen untuk pembelian suatu produk sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti persepsi, proses pembelajaran dan memori, motivasi dan nilai, konsep diri, sikap, kepribadian dan gaya hidup.

Penelitian iniditujukan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi preferensi konsumen SPBU di Kota metro perspektif ekonomi Islam, penelitianmengunakan metode kualitatif lapangan (fieldresearch). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah: wawancara kepada sumber data primer yaitu petugas dan konsumen SPBU, dokumentasi dengan menggali informasi, dan terkait mengenai preferensi konsumen terhadap layanan SPBU di Kota Metro. Teknis analisa data yang digunakan adalah teknik analisa data kualitatif. Wawancara yang dilakukan denganresponden yang peneliti tentukan berdasarkan teknik purposive sampling.

Berdasarkan hasil sumber data yang peneliti kumpulkan terkait dengan preferensi konsumen terhadap layanan SPBU di Kota Metro perspektif Ekonomi Islam yaitu ada faktor yang paling utama yang di utarakan dari semua responden tentang ketertarikan mereka terhadap SPBU ialah nilai yang di amalkanyang di dalamnya meliputi kejujuran, karena keujuranlah yang menjadi faktor terpenting yang harus dimiliki oleh seorang pedagang dan yang paling diharapkan oleh seorang pembeli

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 06 Feb 2020 07:04
Last Modified: 06 Feb 2020 07:04
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2162

Actions (login required)

View Item View Item