Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan metode drill untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III mata pelajaran IPA di SDN 2 Pujodadi tahun pelajaran 2018/2019

Fadilah, Syamsiatul (2019) Penggunaan metode drill untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III mata pelajaran IPA di SDN 2 Pujodadi tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 176.FTIK.2019.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berhasil atau tidak suatu pendidikan salah satunya adalah karena guru. Guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam perkembangan dan kemajuan serta hasil belajar anak didiknya. Selain itu, guru dituntut untuk dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Untuk mewujudkan tujuan pembelajaran, perlu suatu metode dalam pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif, salah satunya ialah metode drill (latihan). Metode drill adalah suatu metode dalam menyampaikan pelajaran dengan menggunakan latihan secara terus menerus sampai siswa memiliki ketangkasan yang diharapkan. Permasalahan pada penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa Kelas III SDN 02 Pujodadi Trimurjo Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode drill dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa Kelas III SDN 02 Pujodadi Trimurjo Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019.

Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa Kelas III SDN 02 Pujodadi Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah. Jumlah siswa pada kelas tersebut sebanyak 20 siswa dengan perincian laki-laki 8 siswa dan perempuan 12 siswa. Pada pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini, dilakukan berulang (bersiklus) yang dimaksudkan untuk memperoleh hasil yang lebih baik dari metode drill. Tindakan siklus tersebut terdiri dari 2 siklus masing- masing 2 pertemuan dengan setiap pertemuan masing- masing 2 jam pelajaran (2 × 45 menit). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Analisis data ini dihitung dengan menggunakan rumus statistik sederhana.

Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode drill mampu meningkatkan hasil belajar siswa siswa Kelas III SDN 2 Pujodadi tahun 2018/2019 dengan nilai post test siklus I rata-rata sebesar 65 dan siklus II sebesar 75. Tingkat ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata sebesar 55% dan pada siklus II sebesar 85% atau mengalami peningkatan 30%. Hasil belajar siswa memenuhi KKM ≥65 mencapai 85% di akhir siklus telah melampaui indikator yang ditentukan, yaitu 75%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 19 Nov 2019 07:48
Last Modified: 19 Nov 2019 07:48
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/220

Actions (login required)

View Item View Item