Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Bri Syariah dalam Menumbuhkan Minat Masyarakat pada Pembiayaan Umroh(Studi Kasus di BRI Syariah KCP Metro Lampung)

Margaretha, Vivi Ayu (2017) Upaya Bri Syariah dalam Menumbuhkan Minat Masyarakat pada Pembiayaan Umroh(Studi Kasus di BRI Syariah KCP Metro Lampung). Diploma thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
VIVI AYU MARGARETHA - 13111198.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Secara umum bank Syariah dapat didefinisikan sebagai bank dengan pola bagi hasil yang merupakan landasan utama didalam segala operasinya, baik didalam produk pendanaan, pembiayaan, maupun produk lainnya. Tugas pokok bank Syariah adalah menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kepada masyarakat yang membutuhkan berupa simpanan maupun pembiayaan. Setiap pemberian pembiayaan akan menimbulkan hak dan kewajiban antar pihak yang berkesempatan, maka aspek Islam sangat penting didalam pembiayaan. Dalam hal pembiayaan BRI Syariah KCP Metro memilih produk pembiayaan berupa pembiayaan umroh, dimana produk tersebut diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada nasabah yang ingin melaksanakan ibadah umroh.Produk tersebut diharapkan bisa menambah pendapatan Bank BRI Syariah KCP Kota Metro karena bank akan mendapatkan imbalan jasa atauujrahdari nasabah atas jasa penyediaan paket umroh. Berdasarkan latar belakag diatas, maka hal yang diteliti pada penelitian ini adalah tentang Upaya BRI Syariah dalam menumbuhkan minat nasabah terhadap dana pembiayaan umroh (Studi Kasus di BRI Syariah KCP Metro Lampung).

Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap BOS, customer service , marketing serta nasabah di BRI Syariah KCPMetro. Tekik dokumentasi peneliti gunakan untuk mencatat tentang data sejarah berdirinya BRI Syariah KCPMetro, struktur organisasi, dan sebagainya yang berkaitan dengan peneltian ini.

Berdasarkan hasil penelitian upaya BRI Syariah dalam menumbuhkan minat nasabah Terhadap dana pembiayaan umroh sudah dilakukan yaitu dengan cara: pertama pelayanan langsung mendatangkan nasabah untuk menarik minatnya, kedua mendatangi tempat-tempat potensial dan melakukan penawaran kepada masyarakat, ketiga penyebaran brosur. Dilihat dari strategi diatas dengan begitu upaya bank BRI Syariah KCPMetro dapat menumbuhkan minat nasabah dalam dana pembiyaaan umroh .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 07 Feb 2020 03:54
Last Modified: 07 Feb 2020 03:54
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2204

Actions (login required)

View Item View Item