Yuliana, . (2017) Strategi Kualitas Pelayanan dalam Usaha Menghimpun Dana Tabungan BPR-Save di PT. BPR Tataarta Swadaya Kota Gajah. Diploma thesis, IAIN Metro.
|
PDF
TUGAS AKHIR FIX.pdf - Other Download (3MB) | Preview |
Abstract
T. BPR Tataarta Swadayamerupakan sebuah Lembaga Keuangan Mikro yang Formal dalam bentuk Bank Perkreditan Rakyat dengan memanfaatkan kemudahan Deregulasi Perbankan dari Pemerintah.Bank tataarta swadaya merupakan salah satu lembaga keuangan yang memberikan pelayanan perbankan dengan produk pilihan salah satunya adalah produk simpanan. Tabungan BPR-SAVE adalah produk simpanan yang dikeluarkan oleh Bank Tataarta sebagai salah satu produk andalan untuk menghimpun dana masyarakat.Untuk itu, perlu adanya strategi dalam rangka menarikminat nasabah untuk menghimpun dana dan memberikan kepuasan terhadap nasabah pada kualitas pelayanan yang diberikan oleh PT. BPR Tataarta Swadaya Kota Gajah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kualitas pelayanan dalam usaha menghimpun dana tabungan BPR-Save di PT. BPR Tataarta Swadaya kota gajah. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan yang menghimpun data kualitatif. Data diperoleh dari Bank Tataarta Swadaya Kota Gajah baik data primer maupun sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, dokumentasi dan observasi. Wawancara dilakukan terhadap Manajer OperasionalBank Tataarta SwadayaKota Gajah dan karyawan bank. Data yang dianalisa menggunakan cara berfikir induktif.
Berdasarkanpembahasanyang telahdipaparkanpadahasilpenelitian, maka dapatpenelitisimpulkanbahwa strategi pelayanan yang mendasar yang dilakukan oleh customer service yaitu harus bersikap ramah, komunikatif, dan name tag yang selalu diperlihatkan. Sedangkan kualitas pelayananpada bank dapat dilihat melalui bentuk fisik (tangible), kehandalan (reability), ketanggapan (responsiveness), Jaminan (assurance), dan Empati (empathy). Adapun strategi meningkatkan funding tabungan BPR-SAVE yaitu strategi promosi dan strategi sosialisasi. Secara keseluruhan strategi pelayanan yang diterapkan oleh PT. BPR Tataarta Swadaya Kota Gajah sudah baik, adanya peningkatan jumlah nasabah menjadi tanda bahwa pihak bank telah berhasil dalam menerapkan strategi yang digunakan. Hanya saja perlu diperhatikan lagi dalam segi kualitas pelayanannya agar BPR Tataarta Swadaya Kota Gajah semakin berkembang dan mampu bersaing dengan bank-bank lainnya
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Saiful Manaf M.Pd.I |
Date Deposited: | 07 Feb 2020 03:54 |
Last Modified: | 07 Feb 2020 03:54 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2208 |
Actions (login required)
View Item |