Widi Astuti, Veni (2019) Penerapan metode drill untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fiqih siswa kelas IV Madrasah Ibtida’iyah Wali Songo Sukajadi Lampung Tengah tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Skripsi 178.FTIK.2019.pdf - Other Download (6MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran Fiqih dikelas IV MI Wali Songo Sukajadi terlihat bahwa peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran, mereka tidak termotivasi untuk bertanya dan maju kedepan untuk menjawab dan mengerjakan soal yang diberikan oleh guru. Selain itu metode yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran belum bervariasi sehingga menyebabkan hasil belajar peserta didik rendah. Data tersebut diperoleh dari hasil ulangan harian mata pelajaran fiqih Tahun Pelajaran 2018/2019 yang menunjukkan bahwa masih banyak peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Berdasarkan hal tersebut maka dengan menggunakan metode drill diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fiqih siswa kelas IV MI Wali Songo Sukajadi Lampung Tengah.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “apakah penerapan metode drill dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar fiqih siswa kelas IV Madrasah Ibtida’iyah Wali Songo Sukajadi Tahun Pelajaran 2018/2019?” Adapun tujuan penelitian yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar dn hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih dengan menerapkan metode drill kelas IV Madrasah Ibtida’iyah Wali Songo Sukajadi Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini mengunakan metode (PTK) atau Penelitian Tindakan Kelas yang di dalamnya ada dua siklus dan setiap satu siklus terdapat dua kali pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV Wali Songo dengan jumlah 20 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif.
Analisis data menunjukkan bahwa penerapam metode drill dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV MI Wali Songo. Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 47% dan pada siklus II sebesar 70,2% mengalami peningkatan sebesar 23,2% dan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 55% meningkat 25% menjadi 80%. Dengan demikian metode drill dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar fiqih siswa kelas IV Madrasah Ibtida’iyah Sukajadi Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 19 Nov 2019 07:48 |
Last Modified: | 19 Nov 2019 07:48 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/221 |
Actions (login required)
View Item |