Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Gondang Rejo, Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur

Riza Amalia, Yessi (2019) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Gondang Rejo, Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 179.FTIK.2019.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu interaksi yang dilakukan oleh siswa dan guru dalam suatu lingkungan belajar dalam rangka mencari atau bertukar informasi. Pembelajaran memiliki tujuan yaitu terjadinya suatu perubahan dalam diri seorang siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran tersebut. Namun, hal tersebut belum sepenuhnya terwujud karena pada hasil belajar siswa masih belum mencapai target yang diharapkan khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas V SD Negeri 1 Gondang Rejo.

Hasil belajar yang diperoleh siswa belum maksimal karena beberapa masalah yang terjadi pada saat proses pembelajaran terutama berhubungan dengan penggunaan metode yang kurang bervariasi. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan menerapankan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Gondang Rejo.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Gondang Rejo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Gondang Rejo dengan jumlah siswa 22 pada kelas V, yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari 3 kali pertemuan.

Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Hasil belajar yang telah dilakukan pada siklus I memiliki tingkat ketuntasan sebesar 54,54%, sedangkan hasil belajar pada siklus II memiliki tingkat ketuntasan sebesar 72,7%, atau mengalami peningkatan sebesar 31,7%. Rata-rata nilai hasil belajar pada siklus I yaitu 65,23 dan siklus II 69.8, antara siklus I dan siklus II selisihnya 4,57.

Hasil tersebut telah memenuhi target yang diinginkan, karena pada akhir siklus telah melebihi target yang ditentukan yaitu 70%. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 1 Gondang Rejo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 19 Nov 2019 07:57
Last Modified: 19 Nov 2019 07:57
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/222

Actions (login required)

View Item View Item