Pratiwi, Indah (2019) Pelaksanaan program remedial dalam pencapaian ketuntasan hasil belajar PAI di SMP IT Insan Mulia Batanghari Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Skripsi 081.FTIK.2019.pdf - Other Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran remedial itu sendiri adalah pembelajaran yang diberikan pada siswa yang belum mencapai ketuntasan pada KD tertentu dengan menggunakan metode yang berbeda, yang diakhiri dengan penilaian untuk mengukur kembali tingkat ketuntasan pada siswa. Sehingga guru perlu melakukan program remedial bagi siswa yang mendapatkan nilai dibawah standar kelulusan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa di SMP IT Insan Mulia Batanghari yang dimana anak tersebut tidak tuntas dalam pencapaian hasil belajar. Sehingga anak tersebut diharuskan mengikuti program pelaksanaan remedial guna untuk pencapaian ketuntasan hasil belajar. Ternyata langkah guru dalam mengambil program pelaksanaan remedial dalam pencapaian ketuntasan hasil belajar tetap tidak sesuai dengan harapan, yang artinya setelah dilaksanakannya program remedial ada siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan dalam pencapaian hasil belajar dan ada juga siswa yang tetap dibawah standar ketuntasan hasil belajar. Bapak Hendra mengatakaan selaku wali kelas VII mata pelajaran PAI, hal ini dikarenakan kurangnya fokus perhatian siswa pada saat guru menjelaskan pelajaran, dan jumlah ketidak hadiran siswa yang melebihi tiga kali tanpa keterangan yang bisa mengakibatkan tertinggalnya pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk membatu siswa dalam memperoleh nilai yang baik guna untuk tercapainya ketuntasan hasil belajar siswa, sehingga siswa dapat memecahkan maslah atau kendala yang dihadapi saat pembelajaran dan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam melaksanakan program remedial, sehingga kita bisa mengetahui apa saja yang menyebabkan nilai siswa jauh dari standar kelulusan.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan program remedial dalam pencapaian ketuntasan hasil belajar PAI merupakan proses pembelajaran remedial guru perlu memperhatikan prinsip-prinsip pembelajaran dalam remedial seperti, metode maupun materi yang digunakan saat pembelajaran remedial harus dapat menyesuaikan dengan situasi dan tujuan dari pembelajaran remedial, harus terjadi interaksi antara guru dengan peserta didik, pemberian umpan balik sangatlah penting dalam sebuah pembelajaran, karena pembelajaran remedial tidak termasuk dalam pembelajaran yang direncanakan sehingga penilaian dan metodenya harus disesuaikan dengan kondisi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 21 Nov 2019 06:51 |
Last Modified: | 21 Nov 2019 06:51 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/226 |
Actions (login required)
View Item |