Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Promosi Produk Kecantikan dan Kesehatan Ditinjau dari Etika Bisnis Islam.(Studi Promosi 4jovem Glubbery Kota Metro)

Sari, Anisa Firma (2017) Promosi Produk Kecantikan dan Kesehatan Ditinjau dari Etika Bisnis Islam.(Studi Promosi 4jovem Glubbery Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
ANISA FIRMA SARI - 13102264.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegiatan promosi adalah bentuk-bentuk komunikasi yang digunakan perusahaan untuk memberikan informasi tentang adanya suatu produk beserta kelebihannya atau manfaatnya, mempengaruhi, dan meyakinkan konsumen agar mau membeli dan menggunakan produk tersebut serta mengingatkan konsumententang produk atau jasa yang ditawarkan sehingga akan meningkatkan volume penjualan barang/jasa.Promosi dilakukan dengan berbagai media yang dapat membantu para penjual dalam mempromosikan produknya. Promosi yang baik yaitu adalah promosi yang sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam yaitu keesaan, keadilan dan amanah. Dimana promosi itu harus dilakukan dengan kejujuran, tidak bohong, tidak berlebihan dll.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan etika bisnis Islam terhadap promosi produk glubbery yang dilakukan oleh stokis 4jovem yang ada di Kota Metro. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap para stokis dan konsumen glubbery yang ada di Kota Metro serta dokumentasi yang diambil dari kegiatan promosi yang dilakukan secara langsung dan tidak langsung.

Berdasarkan hasil penelitian, bahwa promosi yang dilakukan stokis 4jovem Kota Metro ditinjau dari etika bisnis Islam belum sesuai dengan prinsip-prinsip Islam karena didalam promosi yang dilakukan para stokis masih ditemukan penyimpangan dari ketentuan dan ajaran bisnis yang beretika. Dimana dalam melakukan promosi produk 4jovem para stokis belum melakukannya secara transparan dan apa adanya sehingga muncul promosi yang berlebihan karena ketidaksesuaian antara khasiat produk dengan apa yang telah dipromosikan. Dalam hal ini promosi para stokis 4jovem Kota Metro belum memenuhi prinsip keesaan, keadilan, dan amanah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 11 Feb 2020 08:55
Last Modified: 11 Feb 2020 08:55
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2292

Actions (login required)

View Item View Item