Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Dampak Waralaba dan Minimarket Terhadap Pasar Tradisional (Studi Kasus Pasar Induk Bandar Jaya Lampung Tengah)

Pratama, Arfan (2017) Dampak Waralaba dan Minimarket Terhadap Pasar Tradisional (Studi Kasus Pasar Induk Bandar Jaya Lampung Tengah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
ARFAN PRATAMA - 1287204.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pasar merupakan kegiatan ekonomi yang termasuk salah satu perwujudan adaptasi manusia terhadap lingkungannya. Pasar selama ini sudah menyatu dan memiliki tempat paling penting dalam kehidupan masyarakat sehari-hari, bagi masyarakat pasar bukan hanyatempat bertemunya penjual dan pembeli tetapi juga sebagai wadah untuk berinteraksi sosial. Perkembangan zaman dan perubahan gaya hidup memacu berdirinya ritel modern yang ada ditengah masyarakat dan memberikan dampak terhadap pasar tradisional, serta eksistensi pasar tradisional sedikit terusik karena banyaknya pembeli yang lebih memilih belanja di ritel modern.

Penelitianini bertujuan untuk mengetahui bagaimanadampak dari banyaknya waralaba dan minimarket terhadap pasar tradisional(studi kasus pasar induk Bandar Jaya Lampung Tengah). Penelitian initermasuk dalam penelitian dengan metode kualitatif adapun sumber datadalam penelitian ini diperoleh melalui metode pengamatan (observasi) yang dilakukan dengan mengamati dari kejauhan bagaimana fakta yang terjadi di lapangan, wawancara (interview)terhadap pengelola pasar tradisional dan ritel modern serta pedagang pasar tradisional,dokumentasi yang berupa buku-buku sebagai penunjang skripsi ini. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode analisis deskriftif yaitu menganalisis data yang dilakukan dengan jalan mendiskripsikan data dengan penalaran data yang logis.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkanadanyaritel modern waralaba dan minimarket berdampak terhadap intensitas pembelian di pasar tradisional, waralaba dan minimarket yang ada di sekitaran pasar tradisional mendominasi para pembeli dalam pembelian produk dengan didukung pelayanan, kenyamanan dan keamanan yang baik, walaupun begitu pasar tradisional tetap bisa bertahan karena masih banyaknya masyarakat dan pembeli yang sudah menjadi pelanggan tetap di kios ataupun warung-warung yang ada di pasar tradisional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 11 Feb 2020 08:56
Last Modified: 11 Feb 2020 08:56
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2293

Actions (login required)

View Item View Item