Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Promosi Dengan Undian Berhadiah dalam Perspektif Ekonomi Islam(Studi pada Mini Market Indomaret Soekarno Hatta 16c Kota Metro)

Suharniati, Dwi (2017) Strategi Promosi Dengan Undian Berhadiah dalam Perspektif Ekonomi Islam(Studi pada Mini Market Indomaret Soekarno Hatta 16c Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
DWI SUHARNIATI 1287524.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Undian berhadiah adalah undian yang dilaksanakan oleh perusahaan barang untuk menarik pembeli dan melariskan dagangnannya atau jasa dengan cara memberikan hadiah untuk para pemenang yang ditentukan dengan undian. Kegiatan undian berhadiah ini dilakukan untuk memikat para pembeli atau konsumen agar lebih tertarik untuk melakukan pembelian atau tingkat berblanja pembeli agar lebih besar dari sebelumnya disebuah perusahaan jasa atau barang. Undian ini dilakukan dengan beberapa cara, antara lain dengan menjual kupon amal dan nomor-nomor tertentu. Untuk merangsang para pembeli kupon maka diberikan hadiah-hadiah. Hadiah ini biasanya diundi didepan pembeli kupon dan dibuka untuk umum.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pandangan Ekonomi Islam terhadap undian berhadiah yang dilakukan oleh perusahaan jasa tau barang. Peneitian ini mendiskripsikan kegiatan undian berhadiah yang dilaksanakan di Minimarker Indomaret Soekarno Hatta 16C, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi dan Interview/Wawancara. Metode observasi digunakan untuk memperoleh data tentang undian berhadiah yang dilakukan pada Minimarker Indomaret Soekarno Hatta 16C. Sedangkan metode Interview/wawaancara dilakukan terhadap pemilik/pengelola Minimarker Indomaret Soekarno Hatta 16C dan para pembeli atau konsumen yng berbelanja di Minimarker Indomaret Soekarno Hatta 16C serta mengikuti undian berhadiah tersebut. Selain itu, peneliti menelaah buku-buku yang membahas tentang undian berhadiah secara umum dan pandangan Ekonomi Islam. Semua data-data tersebut kemudian dianalisis secara deskriftif.

Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa yang menjadiakan sistem ini kurang sesuai dengan konteks syari’at Ekonomi Islam adalah disaat ada keharusan bagi konsumen untuk berbelanja minimal Rp 50.000, serta adanya pengharapan dari konsumen untuk memenangkan hadiah dari undian berhadiah tersebut yang didalam pengundian terdapat unsur ketidakpastian dan berspekulasi yang didalam syari’at Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 11 Feb 2020 08:27
Last Modified: 11 Feb 2020 08:27
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2304

Actions (login required)

View Item View Item