Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Faktor-faktor yang mempengaruhi kenakalan siswa di SMP Darma Bakti kecamatan Punggur Lampung Tengah

Ginarsih, Inggit (2019) Faktor-faktor yang mempengaruhi kenakalan siswa di SMP Darma Bakti kecamatan Punggur Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 083.FTIK.2019.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Masa remaja/siswa merupakan periode perkembangan ke arah otonomi (kemandirian) atau intependensi pribadi, untuk mencapai aspek perkembangan ini, remaja harus dapat menyelesaikan tugas-tugas perkembangan baik menerima keadaan fisiknya dan memanfaatkannya secara efektif, mencapai kemandirian emosional dari orang tua atau orang dewasa lainnya, pola prilaku, dan juga penuh dengan masalah-masalah. Mengingat tidak semua kenakalan yang tampak adalah kenakalan yang mutlak, artinya kenakalan itu bisa jadi disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya adalah karena ketidaktahuan siswa, sehingga dengan pengetahuannya yang terbatas siswa tersebut melakukan hal-hal yang dia anggap sebagai sesuatu hal yang baik dan benar, namun pada hakekatnya adalah suatu kekeliruan dan kesalahan.

Adapun pertanyaan penelitian ini adalah Faktor-faktor apa yang mempengaruhi kenakalan siswa di SMP Darma Bakti Kecamatan Punggur Lampung Tengah?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Faktor-faktor yang mempengaruhi kenakalan siswa di SMP Darma Bakti Kecamatan Punggur Lampung Tengah. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan di SMP Darma Bakti Kecamatan Punggur Lampung Tengah dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kenakalan siswa di SMP Darma Bakti Kecamatan Punggur Lampung Tengah adalah faktor keluarga yaitu kurang perhatiannya orang tua terhadap anaknya, kurang kasih sayang, kurang memberikan pendidikan agama yang baik, kurang memberi contoh teladan seperti budi pekerti, disiplin serta tanggung jawab, faktor lingkungan sekolah yaitu perlakuan guru yang tidak adil, hukuman yang kurang menunjang tercapainya tujuan pendidikan, ancaman dan penerapan disiplin terlalu ketat, kurang harmonis hubungan siswa dan guru, serta kurangnya kesibukan belajar di rumah, yang terakhir faktor lingkungan masyarakat yaitu persaingan dalam ekonomi, pengangguran, sosial media dan fasilitas rekreasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 21 Nov 2019 06:44
Last Modified: 21 Nov 2019 06:44
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/231

Actions (login required)

View Item View Item