Nurbaiti, Isnaini (2019) Peranan keteladanan guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Seputih Banyak Kabupaten Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Skripsi 084.FTIK.2019.pdf - Other Download (2MB) | Preview |
Abstract
Keteladanan dalam dunia pendidikan adalah metode atau cara yang tepat dalam pembentukan karakter siswa. Teladan merupakan suatu faktor yang penting untuk membentuk karakter siswa untuk membantu dalam menumbuhkan seseorang yang bersifat jujur, amanah, mulia dan jauh dari perkara-perkara yang menyimpang. Apabila seseorang pendidiknya pendusta, penghianat, pengecut, tidak jujur, sombong, tidak disiplin, maka dalam diri siswa akan tumbuh dengan sifat dusta, khianat, nakal, pengecut dan hina.
Berdasarkan hasil pra-survei yang dilakukan peneliti yang melatarbelakangi masalah dalam penelitian ini adalah dimana keteladanan guru sudah cukup baik, namun masih ada beberapa siswa yang memiliki karakter kurang baik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui peranan keteladanan guru akidah akhlaak dalam pembentukan karakter siswa kelas VII di MTs Darussalam Seputih Banyak Kabupaten Lampung Tengah, 2) mengetahui cara pembentukan karakter siswa kelas VII di MTs Darussalam Seputih Banyak Kabupaten Lampung Tengah, dan 3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembentukan karakter siswa kelas VII di MTs Darussalam Kabupaten Lampung Tengah
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tehnik analisis data dilakukan dengan beberapa tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan keteladanan guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter siswa kelas VII di MTs Darussalam Seputih Banyak Kabupaten Lampung Tengah yaitu mendidik, mengawasi, dan memberi contoh yang baik telah diterapkan oleh guru akidah akhlak dan para dewan guru maupun staf sekolah kepda peserta didik kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Seputih Banyak Kabupaten Lampung Tengah juga berperan sebagai fasilitator yang melakukan sebuah evaluasi untuk perbaikan dan pembentukan karakter siswa. Dalam pembentukan karakter siswa di MTs Darussalam Kecamatan Seputih Banyak, pihak sekolah menggunakan metode pembiasaan dan metode keteladanan Ada beberapa faktor penyebab penyimpangan akhlak siswa Mts Darussalam Seputih Banyak antara lain: 1) faktor internal, yang berasal dari dalam diri berupa emosi, kemauan control diri, lemahnya pertahanan diri pada siswa karena masih terpengaruh oleh ajakan teman yang tidak baik, 2) faktor eksternal, yang berasal daril ingkungan, baik dari lingkungan keluarga, temanmaupun lingkungan di mana ia tinggal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 21 Nov 2019 06:43 |
Last Modified: | 21 Nov 2019 06:43 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/232 |
Actions (login required)
View Item |