Wahyuni, Sri (2020) Penggunaan Label Harga yang Tidak Sesuai Dengan Real Harga Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di Multi Mart Desa Simbarwaringin Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SRI WAHYUNI_1502090097_HESY - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other Download (2MB) | Preview |
Abstract
Label Price atau Price Tag adalah harga suatu yang tertera di depan barang, ada 2 macam label price yaitu label price regular dan label price promo. Label price berguna untuk mempermudah pelanggan dalam melihat harga, pelanggan hanya tinggal melihat barang dan di bawah pas di tempel di rak nya ada harga nya, jadi pelanggan tidak perlu bertanya lagi kepada penjaga toko jika ingin membeli barang yang dibutuhkan.
Penelitian ini bertujuan untuk penggunaan label harga yang tidak sesuai dengan real harga dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariahdi Multi Mart Desa Simbarwaringin Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (fieldresearch). Adapun sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui metode wawancara (interview) terhadap pengelola, karyawan dan para konsumenMulti Mart Desa Simbarwaringin. Dokumentasi yang digunakan berupa dokumen yang berasal dari data Multi Mart Desa Simbarwaringin. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan cara berfikir induktif, yaitu suatu cara berfikir yang berangkat dari fakta-fakta yang khusus dan kongkrit kemudian dari fakta yang khusus dan kongkrit tersebut di tarik secara generalisasi yang mempunyai sifat umum.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan label harga yang tidak sesuai dengan real harga dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah di Multi Mart Desa Simbarwaringin Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah adalah penggunaan label harga sudah ada yang sesuai dengan ketentuan, namun ada pula kesalahan atau kelalaian pihak pengelola Multi Mart Desa Simbarwaringin dalam menggunakan label harga pada barang yang tidak sesuai ketika konsumen membayar di kasir. Kelalaian tersebut terjadi karena kurangnya pengecekan harga barang oleh karyawan maupun pengelola. Sehingga menyebabkan kerugian pada pihak konsumen. Label sebagaialat penyampai informasi, sudah selayaknya informasi yang termuat pada label harus secara jujur dan tidak merugikan. Penetapan harga dalam Hukum Ekonomi Syariah harus memenuhi unsur keadilan. Adanya suatu harga yang adil telah menjadi pegangan yang mendasar pada transaksi yang tercermin dalam prinsip Hukum Ekonomi Syariah terhadap keadilan yang menyeluruh. Konsep dasar pada harga yang adil adalah harga yang tidak menimbulkan eksploitasi atau penindasan sehingga merugikan salah satu pihak dan menguntungkan pihak yang lain. Penetapan harga yang tidak adil,yang mengandung unsur kedzaliman adalah haram.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Hukum Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Tari Eka Miyanti |
Date Deposited: | 11 Feb 2020 06:38 |
Last Modified: | 11 Feb 2020 06:38 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2360 |
Actions (login required)
View Item |