Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pendidikan Islam Menurut Az Zarnuji(Study Analisis terhadap Konsep Ilmu dan Keutamaannya dalam Kitab Ta‟lim Muta‟alim)

Fidiana, Mera (2018) Pendidikan Islam Menurut Az Zarnuji(Study Analisis terhadap Konsep Ilmu dan Keutamaannya dalam Kitab Ta‟lim Muta‟alim). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
MERA FIDIANA (NPM. 1398871).pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah kebutuhan setiap manusia untuk membuka jalan hidup melalui pengetahuan. Sejak manusia menghendaki kemajuan dalam kehidupan, maka sejak itu timbul gagasan untuk melakukan pengalihan. Dalam sejarah pertumbuhan masyarakat, pendidikan senantiasa menjadi perhatian utama dalam rangka memajukan kehidupan generasi sejauh dengan tuntutan kemajuan masyarakat. Berbicara mengenai pendidikan tidak lepas kaitannya dengan ilmu, sebab dengan pendidikan kita akan mendapatkan ilmu atau pengetahuan. Ilmu merupakan suatu sifat yang dapat dijadikan sarana menuju kearah terang dan jelas bagi orang yang memilikinya, sehingga mengetahui sesuatu itu dengan sempurna.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai konsep pendidikan Islam menurut Az Zarnuji, serta untuk mengetahui konsep Ilmu dan keutamaannya menurut Az Zarnuji dalam Kitab Ta‟lim Muta‟Alim. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka peneliti menggunakan penelitian kepustakaan. Sumber primer dalam penelitian ini adalah kitab Ta‟lim Muta‟alim sedangkan sumber sekunder dalam penelitian ini adalah terjemah kitab Ta‟lim Muta‟alim serta literatur lainnya yang menunjang dalam penelitian ini.

Adapun teknis analisis data menggunakan metode Analisis hermeneutic dan metode Analisis deskriptif, temuan ini menunjukan bahwa pemikiran Pendidikan dalam kitab Ta‟lim Muta‟alim menurut Az Zarnuji sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan. karakteristik pemikiran Az Zarnuji dapat digolongkan dalam corak praktis yang tetap berpegang teguh pada Al Qur‟an dan Al Hadits. Pendidikan yang ditekankan oleh Az Zarnuji dapat diklasifikasikan menjadi tiga yaitu, Pertama akhlak kepada Allah SWT, guru dan murid dalam proses belajar hanya diniatkan kepada Allah SWT. Kedua, akhlak kepada sesama manusia terutama akhlak murid terhadap guru. Ketiga, akhlak kepada ilmu itu sendiri, Menuntut ilmu merupakan ibadah untuk mencari ridha Allah SWT yang mengantarkan seseorang memperoleh kebahagiaan duniawi dan ukhrawi.

Berdasarkan hasil analisis yang telah peneliti lakukan bahwasannya Az Zarnuji dalam kitabnya Ta‟lim Muta‟alim menjelaskanbahwa ilmu yang paling utama untuk dipelajari adalah ilmu hal atau ilmu tauhid. Beliau mengklasifikasikan ilmu menjadi tiga. Pertama Ilmu yang termasuk Fardlu „ain yaitu ilmu yang dibutuhkan saat ini seperti sholat, zakat, puasa dan lainnya. Kedua ilmu yang termasuk Fardlu kifayah yaitu ilmu tentang merawat jenazah dan ilmu ilmu lainnya seperti kedokteran, ekonomi dan lain-lain. Ketiga ilmu yang termasuk haram, yaitu ilmu nujum yang digunakan untuk meramal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 11 Feb 2020 01:18
Last Modified: 11 Feb 2020 01:18
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2382

Actions (login required)

View Item View Item