Stiyowati, Dwei (2018) Peranan Guru Aqidah Akhlah Dalam Pendidikan Karakter Untuk Membentuk Akhlak Peserta Didik (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Desa Lehan Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI dwie.pdf - Other Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan karakter merupakan peran yang penting dalam proses pembentukan akhlak. Pemahaman tentang akhlak merupakan dasar untuk mengenal diri sendiri yang akan membantu setiap pribadi muslim untuk mengendalikan hawa nafsu, memelihara diri dari perilaku menyimpang, dan mengarahkan hidupnya menuju kepada kebaikan dalam tingkah laku yang benar. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Peranan Guru Akidah Akhlak dalam Pendidikan Karakter untuk Membentuk Akhlak Peserta Didik 2) Faktor-faktor apa saja yang mendukung pendidikan karakter dalam membentuk akhlak peserta didik 3) Faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat pendidikan karakter dalam membentuk akhlak peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pendidikan karakter dalam membentuk akhlak peserta didik. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung pendidikan karakter dalam membentuk akhlak peserta didik. 3) Untuk mengetahui faktor-faktor penghambat pendidikan karakter dalam membentuk akhlak peserta didik.Jenis penelitian ini field research. Sifat penelitiannya bersifat deskriptif kualitatif.Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan (conclusion drawing/verification).
Hasil analisis data diketahui bahwa peran Guru Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Guru Aqidah Akhlak sebagai pembimbingsecara langsung membimbing jalannya doa pada awal dan akhir pelajaran, membimbing kegiatan ekstra keagamaan. Peranan Guru Sebagai mediator dan vasilitator, guru memberikan contoh dalam kedisiplinan, dalam berpakaian, mengucapkan salam dan menyapa setiap kali bertemu dengan guru yang lain dan berbicara sopan dengan muridnya. Peranan Guru Sebagai Evaluator, guru mengawasi kegitan peserta didik di lingkungan sekolah dan jika guru menemukan siswa yang akhlaknya kurang baik guru memberikan nasehat serta solusi yang baik pada peserta didik yang mempunyai akhlak kurang baik. Faktor pendukung pendidikan karakter dalam membentuk akhlak peserta didik diMadrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda adalah : Tenaga pendidik yang profesional, guru di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda sudah memenuhi standar nasional dengan berijazah S-1 yang sesuai dengan bidangnya. Faktor penghambat yaitu : Kurangnya perhatian dari orang tua, kesibukan orang tua melaksanakan kegiatannya terkadang sampai melupakan tugas untuk mendidik anaknya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 11 Feb 2020 01:30 |
Last Modified: | 11 Feb 2020 01:30 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2385 |
Actions (login required)
View Item |