Hidayati, Yunita (2018) Efektivitas Metode Baghdadiyah dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur‟an pada TPA Al-Munawaroh Desa Mulyoasri Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI YUNITA HIDAYATI.pdf - Other Download (4MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran membaca Al-Qur'anadalah sumber dari segala sumber ajaran Islam yang mencakup segala aspek kehidupan manusia. Setiap TPQmemiliki karakter program tersendiri. Hal inilah yang mendorong peneliti untuk melakukan kajian lebih lanjut dalam penelitian ini, yakni untuk mengeksplorasi lebih jauh metode pembelajaran Al-Qur‟an di TPQyang banyak digunakan di pelbagai lembaga, Metode Baghdadiyah memiliki kandungan makna bahwa dalam pembelajaran tersebut ada kegiatan memilih, menetapkan, dan mengembangkan metode atau strategi yang optimal untuk mengapai hasil pembelajaran yang diinginkan dalam kondisi tertentu.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah(1) Bagaimanakah pelaksanaan metode baghdadiyah dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an (2) Bagaimanakah efektivitas metode baghdadiyah dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an (3) Kesulitan apa saja yang dialami siswa dalam pembeleajaran membaca Al-Qur‟an dengan menggunakan metode baghdadiyah(4) Apakah faktor penghambat dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an.
Analisa atau pembahasan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Pelaksanaan Metode Bagdadiyah dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur‟an yaitu dengan cara santri atau siswa maju untuk diuji kemampuannya, efektivitas metode bagdadiyah dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an yaitu mengajarkan siswa tentang bentuk-bentuk huruf, Kesulitan yang lainnyaadalah pada peletakan dasar pemahaman Al-Qur‟andan faktor penghambat kurangnya pemahaman pada siswa untuk menghafal materi yang belum difahami, karena cara ini akan menyebabkan bingung dan tidak bermanfaat.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: (1) Pelaksanaan metode baghdadiyah dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an siswa diharapkan menghafal huruf hijaiyah, pengenalan huruf dengan harakat, pengenalan huruf sambung dan pengenalan Juz „Ama. (2)Efektivitas metode baghdadiyah dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an diberikan dijenjang TPQ dengan sistem privat. Baik TPQ siswa dikelompokkan dalam kelas-kelas, setiap kelas antara 10-15 anak, ada seorang wali kelas dan dibantu oleh beberapa orang guru privat jumlah guru privat tiap kelas disesuaikan dengan jumlah siswa dalam kelas.(3) Kesulitan yang di hadapi siswa yaitu kesulitan pada pola bunyi dan susunan huruf (wazan) setiap siswa untuk menghafal huruf sebelum merangkaikan dengan harokat dan materi pembelajarannya disusun.(4) Faktor penghambat dikarenakantidaktahuannya karakteristik pertumbuhan anak, sehingga guru memperlakukan anak didiknya tanpa mengetahui kondisi yang dihadapi anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 11 Feb 2020 01:37 |
Last Modified: | 11 Feb 2020 01:37 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2386 |
Actions (login required)
View Item |