Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penerapan Metode Konseling Learning Method dalam Penguasaan Kosakata Bagi Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Metro Tahun Ajaran 2017/2018

Wigati, Vika Rini (2017) Pengaruh Penerapan Metode Konseling Learning Method dalam Penguasaan Kosakata Bagi Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Metro Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
VIKA RINI WIGATI 13101272.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penguasaan Kosakata merupakan unsur terpenting dalam pengajaran bahasa arab yang mana siswa yang menguasai Kosakata maka dapatmenguasai keterampilan bahasa yaitu keterampilan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapanMetode Counseling Learning Method berpengaruh positif terhadap Penguasaan Kosakata Siswa Kelas XI IPA Madrasah Aliyah Negeri 1 Metro Tahun Pelajaran 2017/2018 Dan bagaimana penerapannya?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh metode Counseling Learning Method terhadap Penguasaan Kosakata Siswa Kelas XI IPA Madrasah Aliyah Negeri 1 Metro Tahun Pelajaran 2017/2018 dan bagaimana cara penerapanya. Maka Adapun populasi penelitian 196 siswa dan sampelnya 40 yang mana telah dipilih oleh peneliti dengan cara Cluster Random Sampling.Dari hasil penelitian bahwasannya permasalahan belajar siswa dipengaruhi dengan dua faktor yaitu faktor dalam adalah siswa kurang menguasi mufrodat, dan faktor luar adalah metode yang digunakan guru kurang bervariasi.

Adapun Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sedang Untuk mendapatkan data penelitian maka peneliti menggunakan metode observasi, tes dan wawancara. Khusus untuk hasil tes, bahwasannya setelah data-data semua terkumpul kemudian dianalasis dengan rumus T-Test dengan menggunakan SPSS. Harga t hitung dibandingkan dengan t tabel terhadap dk= n1+n2 –2 = 40 –2 = 38 dan bila taraf kesalahan sebesar 5% (2-tiled)maka t tabel 2,024. Maka setelah terkumpul data penelitian dan dianalisis dengan rumus tersebut. Maka hasilnya Harga t hitung (0.899) lebih kecil dari t tabel (2.024) sehingga Ho diterima dan Ha di tolak. Dari analisis dengan T-Testmenggunakan SPSS, maka tidak berpengaruh metode Counseling Learning Method terhadap Penguasaan Kosa kata Siswa Kelas XI IPA Madrasah Aliyah Negeri 1 Metro Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 11 Feb 2020 07:38
Last Modified: 11 Feb 2020 07:39
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2395

Actions (login required)

View Item View Item