Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Hubungan pola interaksi antara guru dan murid dengan kedisiplinan belajar Pendidikan Agama Islam SMP Darul Ulum Sekampung 2018/2019

Olistia, Winda (2019) Hubungan pola interaksi antara guru dan murid dengan kedisiplinan belajar Pendidikan Agama Islam SMP Darul Ulum Sekampung 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 134.FTIK.2019.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pola interaksi adalah peristiwa saling mempengaruhi satu sama lain ketika dua orang atau lebih andil bersama menciptakan suatu hasil satu sama lain atau berkomunikasi satu sama lain. Disiplin adalah suatu keadaan tertib, ketika orang-orang yang bergabung dalam suatu system tunduk pada peraturan-peraturan yang ada dalam senang hati.

Berdasarkan pra survey yang dilakukan pada tanggal 16 oktober 2019 penulis mendapati kurangnya pola interaksi antara guru dan murid dalam kegiatan belajar mengajar masih dinilai kurang. Hal ini dapat dilihat “siswa pasif ketika mengikuti pelajaran, siswa kurang antusias ketika jam pelajaran dimulai, guru kurang memahami keinginan siswa ketika malas dalam belajar.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka penulis melaksanakan penelitian dalam rangka menjawab rumusan masalah yaitu “apakah ada hubunganpola interaksi antara guru dan murid dengan kedisiplinan belajar siswa pendidikan agama islam kelas VIII SMP Darul Ulum Sekmpung.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola interaksi antara guru dan murid dengan kedisiplinan belajar siswa pendidikan agama islam SMP Darul Ulum Sekampung.
Untuk mendapatkan data-data dalam skripsi ini, penulis menggunakan metode observasi, angket dan dokumentasi dengan sampel 33 siswa kelas VIII, adapun cara pengolahan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan rumus product moment.

Setelah mendapat data dari dua variabel tersebut bahwa ada hubungan pola interaksi antara guru dan murid dengan kedisiplinan belajar pendidikan agama islam SMP Darul Ulum Sekampung. Berdasarkan tabel interpretasi “r” product moment menyatakan bahwa nilai atau yang sebesar 0,404 lebih besar dari untuk taraf signifikan 5% adalah 0,355 , maka hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara pola interaksi antara guru dan murid dengan kedisiplinan belajar pendidikan agama islam berada di interpretasi sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 27 Nov 2019 01:24
Last Modified: 27 Nov 2019 01:24
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/241

Actions (login required)

View Item View Item