Subakir, . (2017) Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru MA Nurul Ulum Kotagajah Lampung Tengah. Masters thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SUBAKIR - 1505101.pdf - Other Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru MA Nurul Ulum Kotagajah Lampung Tengah serta untuk mengetahui faktor penghambat dan pendorong kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru tersebut.
Dalam proses pelaksanaan kegiatan pembelajaran terdapat guru yang mengajar belum sesuai standar akademik, masih ada guru yang mengajar tidak sesuai dengan disiplin ilmu di perguruan tinggi dengan mata pelajaran yang diampu di kelas, masih ada guru yang kurang disiplin kerja pada waktu masuk dan waktu pulang , masih ada guru yang kurang konsekuen dalam seragam, terdapat guru yang masih membeda-bedakan siswa dalam pembelajaran, minimnya guru dalam inovasi program pembelajaran, masih kurangnya guru yang menggunakan sarana dan prasarana pembelajaran dengan maksimal serta terdapat komunikasi guru atau wali kelas dengan wali murid yang kurang lancar.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatifuntuk memperoleh gambaran di lapangan dan relevansinya dengan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru MA Nurul Ulum Kotagajah Lampung Tengah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1). strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru yakni dengan memberikan motivasi kepada guru untuk melanjutkan studi kejenjang yang lebih tinggi, menghimbau kepada dewan guru untukmemanfaatkan fasilitas pembelajaran, membantu menyusun perangkat pembelajaran, mengikutsertakan guru mengikuti kegiatan peningkatan kompetensi guru; (2). strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru yaitu dengan pengajian, paguyuban, dan memberikan keteladanan kepada guru; (3). strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi sosial guru melalui acara gotong-royong, Perkumpulan dengan keluarga besar yayasan, silahturahmi antar keluarga guru, pengajian tiap bulan, menjenguk yang sakit, berinteraksi dengan masyarakat, mengucapkan salam dan berjabat tangan; (4). strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru melalui pengembangan profesional seperti MGMP, seminar, diklat, penulisan karya ilmiah dan memanfaatkan fasilitas internet.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tari Eka Miyanti |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 08:08 |
Last Modified: | 12 Feb 2020 08:08 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2436 |
Actions (login required)
View Item |