Ropingatun, Siti (2017) Penggunaan Media Gambar pada Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Raudlatul Athfal Hidayatus Sibyan Pematang Tahalo JabungLampung Timur. Masters thesis, IAIN Metro.
|
PDF
TESIS SITI ROPINGATUN NPM. 1504591.pdf - Other Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pada hakikatnya proses belajar mengajar adalah proses komunikasi, dalam belajar mengajar di kelas merupakan suatu dunia komunikasi tersendiri antara guru dan siswa bertukar pikiran untuk mengembangkanide dalam belajar bersama. Penggunaan media secara terintegrasi dalam proses belajar mengajar, karena penggunaan media dalam proses belajar mengajar mempunyai nilai praktis merangsang siswa untuk belajar. Pemasangan gambar pada halaman awal materi, penggunaan media gambar menimbulkan rangsangan ke arah keinginan untuk belajar. Maka dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam hingga saat ini masih sebatas sebagai proses penyampaian “pengetahuan tentang agama Islam” dan kurang mampu mengubahnya menjadi“makna” dan “nilai.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:1) Penggunaan media gambar pada pengembangan pembelajaran pendidikan agama Islam di Raudlatul AthfalHidayatus Sibyan Pematang Tahalo. 2Faktor yang mendukung penggunaan media gambar pada pengembangan pembelajaran pendidikan agama Islam di Raudlatul AthfalHidayatus Sibyan Pematang Tahalo. 3). Faktor yang menghambat penggunaan media gambar pada pengembangan pembelajaran pendidikan agama Islam di Raudlatul Athfal Hidayatus Sibyan Pematang Tahalo.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data-data dikumpulkan melalui: observasi, wawancara dan penelusuran dokumen, adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah Kepala Raudlatul Athfal, guru, dan siswa. Teknis analisis data menggunakan, reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan .1) Penggunaan media gambar yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam adalah media gambar diam (still picture) yaitu berupa gambar poster, gambar karikatur dan kartun, dan media gambar gerak (motion picture). Dengan adanya media pembelajaran dalam proses belajar dapat meningkatkan mutu proses belajar mengajar. 2) Faktor pendukung penggunaan media gambar yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Profesionalisme guru merupakan salah satu hal yang menunjang keberhasilan penerapan media gambar di Raudlatul Athfal Profesionalisme terwujud dalam persiapan (materi, metode, media, pembelajaran maupun evaluasi). Rasa ingin tahu yang tinggi dari para siswa, empati pimpinan sekolah terhadap pelaksanaan program menjadi penyemangat para pengajar, partisipasi orang tua siswa dan kerjasama mereka sangat dibutuhkan oleh pihak sekolah.3. Faktor penghambat pelaksanaan media gambar dalam pembelajaran pendidikan agama Islam adalah kurangnya data visual atau media gambar yang mendukung seluruh materi pendidikan agama Islam terutama gambar bergerak yang sesuai dengan materi, siswa yang berasal dari latar belakang yang berbeda baik dari kecerdasan, Terkadang guru kurang matang mempersiapkan perangkat pembelajaran yang sebenarnya tidak sedikit dan membutuhkan ketelatenan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tari Eka Miyanti |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 08:09 |
Last Modified: | 12 Feb 2020 08:09 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2437 |
Actions (login required)
View Item |