Mu'min, Rizalul (2017) Efektivitas Penggunaan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 1 Lampung Timur. Masters thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Rizalul Mu’min - 1504511.pdf - Other Download (6MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan mempunyai peran yang sangat menentukan bagi perkembangan dan perwujudan diri individu,terutama bagi perkembangan Bangsa dan Negara. Dalam pendidikan tidak terlepas pada proses pembelajaran di kelas. Guru sebagai pemegang kendali proses pembelajaran harus menggunakan model pembelajaran yang efektif agar tujuan dari pembelajaran dapat tercapai. Dalam pembelajaran Akidah Akhlak, guru dapat menggunakan model problem based lerningmengingat materi-materi Akidah Akhlak berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa maka model problem based learning ini efektif untuk digunakan dalam pembelajaran Akidah Akhlak.
Permasalahan dalam penelitian iniadalah jika dalam pembelajaran metode yang digunakan monoton dan tidak menarik maka terdapat masalah-masalah yang muncul saat pembelajaran seperti pembelajaran akan kurang terfokus pada siswa (student centered) karena yang aktif hanyalah guru saja, siswa kurang terfokus pada materi, siswa merasa bosan dan merasa tidak senang ketika proses pembelajaran berlangsung, terdapat siswa yang mengantuk sehingga kurang memperhatikan guru ketika mengajar, ketika diberi soal latihan banyak siswa yang mencontek pada siswa yang lainnya. Kemudian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prosespenggunaan model problem based learningdalam pembelajaran Akidah Akhlak, untuk mengetahui efektivitas penggunaan model problem based learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak, untuk mengetahui keunggulan dalam penggunaanmodel problem based learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak, untuk mengetahui kelemahan dalam penggunaan model problem based learningdalam pembelajaran Akidah Akhlak.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif yang dilaksanakan di MTs Negeri 1 Lampung Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data yang diperoleh pada penelitian ini dengan cara triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: penggunaan model problem based learning dalam pembelajaran Akidah Akhlakdilakukan melalui tahapan-tahapan pembelajaran mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penggunaan model problem based learningdalam pembelajaran Akidah Akhlaktelah dilakukan dengan cukup efektif. Adapun keunggulan pada penggunaan model problem based learning sangat membantu siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlaksaat pembelajaran berlangsung. Mengenai kelemahan pada penggunaan model problem based learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak dapat diantisipasi oleh guru Akidah Akhlak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tari Eka Miyanti |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 07:19 |
Last Modified: | 12 Feb 2020 07:19 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2439 |
Actions (login required)
View Item |