Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Terhadap Pasar Tradisional Studi Pasar Bandar Sari Kecamatanpadang Ratu

Susman, Lia Ariyanti (2017) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Terhadap Pasar Tradisional Studi Pasar Bandar Sari Kecamatanpadang Ratu. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI[1].pdf - Other

Download (10MB) | Preview

Abstract

Preferensikonsumen dapat berarti kesukaan, pilihan atau sesuatu hal yang lebih disukai konsumen. Preferensi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah hak untuk didahulukan dan diutamakan dari pada yang lain atau prioritas, pilihan kecendrungan dan kesukaan.Penelitianini bertujuan menganalisa preferensi konsumen dalam berbelanja di pasar tradisional. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana preferensi masyarakat Kec. Padang Ratu dalam memilih berbelanja dipasar Bandar Sari, dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi prioritas utama dan besar pengaruh faktor-faktor tersebut dalam menentukan preferensi masyarakat Kec. Padang Ratu dalam memilih berbelanja di Pasar Tradisional Bandar Sari.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian deskriptif. Sampel yang digunakan sebanyak 15 responden (konsumen), dan 10 responden (pedagang) penarikan sampel dengan menggunakan sampel acak (Quota sampling).Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, dan observasi.

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen terhadap pasar tradisional yaitu: Harga, produk, promosi, dan lokasi pasar. Dari segi harga dirasakan oleh masyarat bandar sari dan sekitarnya bahwa di pasar Bandar Sari harga-harganya cukup terjangkau bahkan bisa dikatakan banyak yang lebuh murah jika dibandingkan dengan basar lainnya. Dari segi produk, bahwa di Pasar Bandar Sari produk-produknya berkualitas seperti ikan, ikan didapat langsung dari peternak dan ikannya masih segar-segar, begitu juga jenis sayuran diperoleh langsung dari petani yang baru dipetik. Mengenai promosi secara langsung dari mulut kemulut para konsumen. Disamping harga, produk dan promosi pasar Bandar Sari berlokasi sangat strategis karena terletak ditengah-tengah pemukiman penduduk dan berdekatan dengan jalan raya sehingga memudahkan konsumen untuk berbelanja dipasar Bandar Sari dan di pasar Bandar Sari lokasi pasarnya cukup bersih dan keamanan juga sangat terjaga sehingga membuat para konsumen lebih nyaman berbelanja di pasar Bandar Sari Kecamatan Padang Ratu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 12 Feb 2020 08:09
Last Modified: 12 Feb 2020 08:09
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2444

Actions (login required)

View Item View Item