Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Toko Az-Zahra Karang Rejo Metro Utara)

Megawati, . (2017) Analisis Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Toko Az-Zahra Karang Rejo Metro Utara). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
MEGAWATI - 1288434.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Loyalitas pelanggan merupakan kesetiaan pelanggan terhadap perusahaan yang telah menyediakan barang atau jasa. Jadi, semakin lama seorang pelanggan loyal terhadap suatu produk atau jasa semakin besar laba yang dapat diperoleh perusahaan dari seorang pelanggan.

Pentingnya konsep loyalitas bertujuan agar usaha yang dijalankan berkembang dengan baik dan semakin sukses setiap harinya. Serta bisa bertahan untuk jangka waktu yang panjang. Tujuan paling utama adalah untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dari hasil penjualan produk. Banyak perusahaan yang berupaya untuk mengembangkan strategi yang efektif untuk membangun, mempertahankan, dan meningkatkan loyalitas pelanggannya, salah satunya adalah Toko Az-Zahra Karang Rejo Metro Utara.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang menyebabkan loyalitas pelanggan di Toko Az-Zahra Karang Rejo Metro Utara.Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data interview, dokumentasi dan observasi. Interview dilakukan terhadap pemilik toko serta pelanggan Toko Az-Zahra, dokumentasi digunakan untuk memperoleh data profil Toko Az-Zahra Karang Rejo Metro Utara, observasi dilakukan untuk mengamati produk dan jasa apa saja yang ditawarkan ke pelanggan. Metode analisis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan loyalitas pelanggan Toko Az-Zahra Karang Rejo Metro Utara, yang membuat loyal para pelanggan yaitu produk yang ditawarkan beragam dengan harga yang bervariasi dan terjangkau, produk dan jasa yang ditawarkan juga berkualitas baik dengan harga yang standar, pelayanan yang diberikan Toko Az-Zahra dianggap cukup baik dan memenuhi harapan pelanggan, dimana Toko Az-Zahra memberikan pelayanan yang tanggap, ramah, sopan, senyum dengan apa yang dibutuhkan pelanggan, dan lokasi yang strategis dan mudah dijangkau para pembeli hal ini yang menambah para pelanggan loyal terhadap Toko Az-Zahra.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 12 Feb 2020 07:20
Last Modified: 12 Feb 2020 07:20
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2448

Actions (login required)

View Item View Item