Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Metro

,, Sriani (2019) Upaya Guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 124.FTIK.2019.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an yang secara harfiah berarti “bacaan sempurna” merupakan suatu nama pilihan Allah SWT yang sungguh tepat, karena tiada satu bacaan pun sejak manusia mengenal tulis-baca lima ribu tahun yang lalu yang dapat menandingi Al-Qur’an, bacaan sempurna lagi mulia. Al-Qur’an adalah dengan menghafalkannya, karena memelihara kesucian dengan menghafalkannya adalah pekerti yang terpuji dan amal yang mulia, yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW, Rasulullah sendiri dan para sahabatnya banyak yang hafal Al-Qu’an. Hingga sekarang tradisi menghafal Al-Qur’an masih dilakukan oleh umat Islam di dunia ini.

Belajar membaca Al-Qur’an seharusnya dimulai sejak usia dini yaitu masa kanak-kanak, sebab, pada usia ini potensi anak sangat bagus dalam menerima pelajaran, maka tidak heran jika masyarakat Indonesia terdahulu, terutama yang muslim, mengajarkan putera-puterinya membaca Al-Qur’an pada usia kanak-kanak. Tradisi seperti ini pun masih berkembang saat ini terutama di pedesaan yang sering disebut “Mengaji Al-Qur’an”.

Pertanyaan Penelitian dalam penelitian ini adalah Bagaimana upaya guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Metro?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an serta faktor pendukung dan faktor penghambat guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Metro. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangualsi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data. Analisis data kualitatif dalam penelitian ini adalah deskriptif data yang terdiri dari tiga aktivitas yang berlangsung secara bersamaan. yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat disimpulkan bahwa upaya guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Metro adalah mengadakan tadarus Al-Qur’an selama kurang lebih 10 menit sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung, mengadakan privat khusus, serta pemberian tugas yang dapat merangsang kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an dan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam proses belajar membaca Al-Qur’an adalah (Makharijul Huruf), penguasaan kaidah ilmu tajwid, serta belum mengenal tanda baca. Dan Faktor pendukung adalah mengadakan bimbingan berkelanjutan, mengadakan kegiatan untuk memotivasi siswa, kerjasama antara orang tua dengan guru PAI, tersedianya sarana pembelajaran Al-Qur’an dan adanya ekstrakurikuler qira’ah dan tartil. Sedangkan faktor penghambat adalah kurangnya minat siswa dalam membaca Al-Qur’an, kurangnya motivasi dari keluarga (orang tua) siswa, keadaan lingkungan sekitar tempat tingga, serta alokasi waktu yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 27 Nov 2019 00:59
Last Modified: 27 Nov 2019 00:59
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/248

Actions (login required)

View Item View Item