Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Orangtua dalam Melaksanakan Ibadah Shalat 5 Waktu Pada Remaja di Desa Raman Endra Kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur

Yusniar, . (2018) Peran Orangtua dalam Melaksanakan Ibadah Shalat 5 Waktu Pada Remaja di Desa Raman Endra Kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI YUSNIAR.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Shalat merupakan rukun Islam yang kedua setelah syahada. Shalat merupakan ibadah yang paling baik dan sempurna, karena shalat terdiri dari berbagai jenis ibadah, seperti dzikir, kepada Allah, membaca Al-Qur’an, dan sebagainya. Shalat merupakan kepala bagi ibadah badaniyah. Shalat memiliki andil yang sangat besar dalam mengokohkan keIslaman seseorang. Karena shalat merupakan itu diibaratkan tiang agama yang tidak mungkin agama itu tidak akan mungkin berdiri dengan kokohtanpa adanya shalat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran Orangtua dalam melaksanakan ibadah shalat 5 waktu pada remaja di Desa Raman Endra Kecamatan Raman Utara, Faktor pendukung Orangtua dalam melaksanakan ibadah shalat 5 waku pada remaja di Desa Raman Endra Kecamatan Raman Utara, Faktor penghambat Orangtua dalam melaksanakan ibadah shalat 5 waktu pada remaja di Desa Raman Endra Kecamatan Raman Utara, dan Solusi Orangtua dalam menanggulangi penghambat dalam melaksanakan ibadah shalat 5 waktu pada remaja di Desa Raman Endra Kecamatan Raman Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sifat penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkanteknik analisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menyimpulkan sebagai berikut: (1) Peran Orangtua dalam melaksanakan ibadah shalat 5 waktu pada remaja di Desa Raman Endra Kecamatan Raman Utara meliputi: penanaman keyakinan Allah SWT, memberikan contoh dan teladan yang baik, memberikan perhatian. (2) Faktor pendukung yaitu keluarga terjalin hubungan yang harmonis, lingkungan tempat tinggal, terdapat lembaga pendidikan Islam dilingkungan sekitar, dan kesadaran Orangtua terhadap pelaksanaan pendidikan agama Islam. (3) Faktor penghambat yaitu waktu luang, pengawasan dan bimbingan masih kurang, pengaruh media massa, dan lingkungan. (4) Solusi yaitu meluangkan waktu yang lebih banyak untuk berinteraksi dengan anak, menambah pengawasan dan bimbingan terhadap anak, memberikan pembinaan kepada anak dengan suasana yang terbuka dan penuh kasih sayang, dan menjadi suri tauladan yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 13 Feb 2020 00:42
Last Modified: 13 Feb 2020 00:42
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2497

Actions (login required)

View Item View Item