Heliyaswati, Yohana Ade (2018) Pengaruh Motivasi Guru Terhadap Prestasi Belajar Santri Taman Belajar Islami (TBI) Sidrotul Muntaha Desa Banjar Sari Kecamatan Gunung Sugih Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI YOHANA ADE HELIYASWATI NPM. 14127661.pdf - Other Download (4MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran merupakan suatu proses yang melibatkan berbagai komponen, bersifat timbal balik sehingga mencapai tujuan yang telah ditetapkan.Prosespembelajaran yang berlangsung sangat mempengaruhi prestasi belajar yang diperoleh santri. Prestasi belajar merupakan hasil akhir yang dicapai oleh siswa setelah mengikuti belajar mengajar. Tinggi rendahnya prestasi belajardipengaruhi oleh kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh peranan gurudalam memberikan motivasi yang menyebabkan santri melakukan kegiatan tertentu untuk mencapai tujuan.Pada dasarnya pelaksanaan proses pembelajaran sudah dilaksanakan dengan baik tetapi prestasi yang diperoleh masih rendah.
Adapun masalah yang penulis temukan melalui hasil pra surveyyang dilakukan pada hari Senin 19 September 2017 melalui wawancara dengan Bapak Imam Rohani selaku kepala madrasah di Taman Belajar Islami (TBI) Sidrotul Muntaha diperoleh data bahwa prestasi belajar santri masih dikatakan rendah. Hal ini ditunjukkan pada pencapaian hasil belajar yang diperoleh santri masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaituApakah Ada Pengaruh Motivasi Guru Terhadap Prestasi Belajar Santri Taman Belajar Islami (TBI) Sidrotul Muntaha Desa Banjar Sari Kecamatan Gunung Sugih Lampung Tengah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi yang diberikan oleh guru, untuk mengetahui prestasi belajar santri yang telah dicapai oleh santri, untuk mengetahui pengaruh motivasi guru terhadap prestasi belajar santri Taman Belajar Islami (TBI) Sidrotul Muntaha desa Banjar Sari Kecamatan Gunung Sugih Lampung Tengah. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini yaitusantri kelas III Al-Qur’an yang berjumlah 28 santri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode angket dan dokumentasi. Kemudian untuk proses analisa datanya menggunakan teknik statistik dengan rumuschi kuadrat(x2)
Berdasarkan hasil analisisdata dengan menggunakan rumus chi kuadrat (????2) dimana diketahui bahwa harga chi kuadrat hitung (x2hitung) sebesar 11,608adalah lebih besar dari chi kuadrat tabel (x2tabel), baikpada taraf signifikan 5% (9,488) atau11,608>9,488. Sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima, dengan kesimpulan bahwa Ada Pengaruh Motivasi Guru Terhadap Prestasi Belajar Santri Taman Belajar Islami (TBI) Sidrotul Muntaha Desa Banjar Sari Kecamatan Gunung Sugih Lampung Tengah. Kemudian diperoleh harga C = 0,541dengan Cmaks= 0,816. Dilihat pada tabel koefisien kontingensi pada Cmaks= 0,816 dengan harga C = 0,541berada pada kriteria klasifikasi sangat erat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 13 Feb 2020 00:50 |
Last Modified: | 13 Feb 2020 00:50 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2499 |
Actions (login required)
View Item |