Turhamun, . (2018) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqh Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas VIII A MTs Guupi 2 Untoro Trimurjo Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI TURHAMUN.pdf - Other Download (2MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil pra survey nilai harian mata pelajaran Fiqih kelas VIII A di MTs GUPPI 02 Untoro tahu pelajaran 2017/2018 terdapat beberapa peserta didik yang belum tuntas karena terdapat beberapa permasalahan antara lain : Kegiatan pembelajaran berlangsung kurang variatif sehingga berdampak pada hasil belajar yang masih rendah, kurangnya antusiasme peserta didik terhadap mata pelajaran Fiqih, sehingga pembelajaran kurang efektif. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : “Apakah Metode Demonstrasi dapat Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Kelas VIII A MTs GUPPI 02 Untoro Kec. Trimurjo Lampung Tengah tahun pelajaran 2017/2018?.”Mengacu pada masalah tersebut di atas , adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini, untuk mengetahui peningkatan HasilBelajar siswa kelas VIII A MTs GUPPI 02 Untoro Kec. Trimurjo Lampung Tengah tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, tes HasilBelajar dan observasi. Adapun analisis penelitiannya peneliti menggunakan analisis rata-rata hitung.Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa dengan menggunakan Metode Demonstrasi, Hasilbelajar peserta didik pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Pada siklus I, prestasibelajar mencapai 50%. Pada siklus II, prestasi belajar sebesar 60%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Metode Demonstrasidapat meningkatkan Hasilbelajar pada mata pelajaran Fiqih.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 13 Feb 2020 01:02 |
Last Modified: | 13 Feb 2020 01:02 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2503 |
Actions (login required)
View Item |