Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Keterampilan Guru Dalam Menjelaskan Terhadap Pemahaman Konsep Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN 04 Metro Pusat

Sugiarti, . (2018) Pengaruh Keterampilan Guru Dalam Menjelaskan Terhadap Pemahaman Konsep Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN 04 Metro Pusat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemahaman merupakan tingkat kemampuan yang mengharapkan siswa mampu untuk mengerti/memahami tentang arti/konsep, dalam proses pembelajaran siswa tidak hanya dituntut untuk menghafal saja tetapi siswa juga harus memahami apa yang telah di pelajari. Dalam penyampaian suatu materi atau suatu pelajaranharus sesuai komponen, sistematis dan terencana sehingga memudahkan siswa untuk memahami konsep pelajaran. Hasil belajar yang di peroleh dari penjelasan adalah pemahaman.

Berdasarkan hasil prasurvei tanggal 17 November 2017 di dapat hasil belajar mid semester ganjil pada mata pelajaran matematika kelas Vb SDN 04 Metro Pusat hanya 6 siswa atau 24% yang terbilang tuntas dan 19 siswa atau 76% terbilang belum tuntas dari nilai KKM 70.

Berdasarkan penjelasan di atas, peneliti terdorong untuk mengadakan penelitian tentang pengaruh keterampilan dalam menjelaskan terhadap pemahaman konsep mata pelajaran matematika siswa kelas V SDN 04 Metro Pusat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas Vb yang berjumlah 28 siswa sedangkan teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah teknik test, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan rumus product moment.Dari hasil analisis data menunjukan pada keterampilan dalam menjelasakan pada pembelajaran I mendapat nilai baik yaitu dengan skor 4 dan pembelajaran II mendapat nilai 5 yaitu sangat baik. Adapun hasil yang didapat pada pemahaman konsep siswa pada pembelajaran I dan II yaitu baik dengan rata-rata pembelajaran I dengan nilai 7,96 dan pembelajaran II dengan nilai 8. Sedangkan dari data kolerasi keterampilan menjelaskan dan pemahaman konsep siswa didapat hasil bahwa harga rhitung (rxy) senilai 0, yang menunjukkan 0 lebih kecil dari nilai tabel product moment (rtabel) dengan taraf signifikan 5% = 0,374 maupun 1% = 0,478 atau rtabel 5% > 0 < rtabel 1% sehingga dapat di simpulkan (Ha) di tolak dan (Ho) di terima yang berarti tidak ada pengaruh antara keterampilan guru dalam menjelaskan terhadap pemahaman konsep mata pelajaran matematika siswa kelas VSDN 04 Metro Pusat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 13 Feb 2020 01:11
Last Modified: 13 Feb 2020 01:11
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2506

Actions (login required)

View Item View Item