Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Variasi Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI SMA Negeri 1 Pekalongan TP.2017/2018

Shinta, Sindy Saras (2018) Pengaruh Variasi Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI SMA Negeri 1 Pekalongan TP.2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI SINDY SARAS SHINTA NPM. 14115491.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Variasi dalam pembelajaran merupakan suatu kegiatan guru dalam konteks proses interaksibelajar mengajar yang ditujukan untuk mengatasi kebosanan murid sehingga dalam situasi belajar mengajar, murid senantiasa menunjukkan ketekunan, antusiasme, serta penuh partisipasi. Motivasi belajar merupakan kekuatan (power motivation), daya pendorong (driving force), atau alat pembangun kesediaan dan keinginan yang kuat dalam diri peserta didik untuk belajar secara aktif, kreatif, efektif, inovatif, dan menyenangkan dalam rangka prubahan perilaku, baik dalam aspek kognitif, afektif maupun psikomotor. Siswa SMA Negeri 1 Pekalongan diketahui sudah memiliki motivasi belajar siswa yang baik. Senada dengan motivasi belajar siswa yang sudah baik, variasi gaya mengajar yang dilakukan oleh guru pun juga sudah baik. Sesuai akar permasalahan yang ada, maka rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh variasi gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI SMA Negeri 1 Pekalongan TP.2017/2018?

Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI SMA Negeri 1 Pekalongan TP.2017/2018.Bentuk penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif, adapun anggota populasi dalam penelitian ini adalahsiswa kelas X dengan jumlah 130siswa. Anggota sampel dalam penelitian ini sebanyak 46 siswa yang dipilih secara acak dengan menggunakan teknik simpel random sampling. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket sebagai metode pokok, dokumentasi sebagai metodependukung. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus Chi Kuadrat (X2).

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sebanyak 25 siswa atau 54,34% siswa menjawab bahwa variasi gaya mengajar guru dalam kategori cukup, sebanyak 24siswa atau 52,17 % memiliki motivasi belajar pada kategori cukup,dan besarnya pengaruh variasi gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa dibuktikan dengan harga X2sebesar 9,804 lebih besar dari harga Chi Kuadrat tabel (X2tabel) pada taraf signifikan 5% sebesar 9,488, dengan tingkat keterkaitan sedang, maka Ha diterima, sehingga diketahui bahwa ada pengaruh positif antara variasi gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Pekalongan TP. 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 13 Feb 2020 01:26
Last Modified: 13 Feb 2020 01:26
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2510

Actions (login required)

View Item View Item