Lutfiana, Sayidah (2018) Hubungan Antara Profesionalisme Guru Dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Rhoudotut Tholibin Buay Pemaca Oku Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
PAI SAYIDAH LUTFIANA (14115451).pdf - Other Download (5MB) | Preview |
Abstract
Profesionalisme guru dilihat sebagai kesesuaian antara materi atau mata pelajaran yang diampudengan latar belakang kependidikan yang dimiliki. Namun, saat ini ada beberapa guru yang mengampu mata pelajaran yang tidaksesuai dengan keahliannya atau latar belakang pendidikan. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Padahal siswa adalah sasaran pendidikan yang dibentuk melalui bimbingan, keteladanan, bantuan, latihan, pengetahuan yang maksimal, kecakapan, keterampilan, nilai, sikap yang baik dari seorang guru.
Keberhasilan siswa dalam belajar tergantung dari proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. seorang guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran harus dapat memfasilitasi siswa. Agar siswa dapat memahami materi yang dipelajari. Akan tetapi sering kali masih terdapat beberapa masalah dalam belajar, misalnya, kurang optimalnya guru dalam menyampaikan materi, kurang menguasai dan terampil dalam menggunakan metode.Tujuan penelitian iniadalah untuk mendeskripsikan hubungan antara profesionalisme guru dengan hasil belajar siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII MTs Rhoudotut Tholibin Buay Pemaca OKU Selatan.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan sifat penelitian ini adalah korelasi. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Rhoudotut Tholibin Sidorahayuyang berjumlah 35siswa. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode angket, observasi, dan dokumentasi.. Populasi yang penulis ambil adalah peserta didik kelas VIIIMTs Rhoudotut Thoibin kelas VIII sebanyak 35 siswa, populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII, Sedangkan untuk analisis data penulis menggunakan rumus Korelasi Product Moment untuk mengetahui taraf signifikansi antara variabel ()dan ()yang di konsultasikan dengan yaitu menggunakan taraf signifikan 5 %.
Berdasarkan analisis yang telah penulis lakukan, dapat diperoleh kesimpulan bahwa hipotesis alternatif diterima. diketahui bahwalebih besar dari pada , dimana sebesar 0.477dan pada taraf cukup5% sebesar 0.344. Ini menunjukkan bahwa Ha di terima, hal tersebut ditunjukkan pada hubungan yang cukup antaraProfesionalisme Guru Dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTsRhoudotut Tholibin Buay Pemaca Oku Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 13 Feb 2020 01:34 |
Last Modified: | 13 Feb 2020 01:34 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2512 |
Actions (login required)
View Item |