Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Kerjasama Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Guru Pembimbing dalam Mengatasi Masalah Dalam Baca Tulis Dan Al-Qur’an Siswa di SMP Negeri 1 Batanghari

Triandi, Rio (2018) Kerjasama Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Guru Pembimbing dalam Mengatasi Masalah Dalam Baca Tulis Dan Al-Qur’an Siswa di SMP Negeri 1 Batanghari. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI RIO TRIANDI 1399371.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Guru merupakan faktor yang sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan terlebih Guru Pendidikan Agama Islam memegang peranan yang sangat strategis dan signifikan dalam mengajarkan ayat-ayat Al-Qur’an pada peserta didik. Guru Pendidikan Agama Islam harus lebih memperhatikan dan meningkatkan kemampuan baca tulis dan Al-Qur’an pada peserta didik yang mengalami masalah dalam baca tulisdanAl-Qur’an maupun yang telah lancar dalam membaca AL-Qur’an agar dapat membaca AL-Qur’an dengan baik dan benar. Oleh karena itu, diperlukannya bimbingan dan pengetahuan bagi peserta didik agar memiliki kemampuan membaca Al-Qur’an yang sesuai dengan hukum tajwid dan makhorijul huruf.

Berdasarkan deskripsi data dan penyajian data dari hasil survey dan wawancara, bahwa kerjasama yang dilakukan oleh Guru Pendidikan Agama Islam dan Guru Pembimbingdalam mengatasi masalah belajar baca tulisdanAl-Qur’an Siswa kelas VIII.F di SMP Negeri 1 Batanghari, melalui 2 bentuk kerjasama yaitu: 1) kerjasama secara formal, 2) kerjasama secara informal. Faktor pendukung kerjasama guru Pendidikan Agama Islam dan Guru Pembimbingdalam mengatasi masalah dalam baca tulisdanAl-Qur’an di SMP Negeri 1 Batanghari.

Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Bentuk masalah dalam Baca Tulis dan Al-Qur’an merupakan masalah yang dialami oleh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Batanghari, 2) Kerjasama guru Pendidikan Agama Islam dan Guru Pembimbingdalam mengatasi masalah dalam baca tulis dan Al-Qur’andi SMP Negeri 1 Batanghari, telah berjalan dengan baik dan bisa dikatakan cukup berhasil, 3) Faktor pendukung kerjasama guru PAI dan guru Pembimbing sangat mempengaruhi dalam keberhasilan mengatasi masalah dalam baca tulis dan Al-Qur’an, Hal ini terbukti bahwa sebagian peserta didik sudah mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, 4) Faktor penghambat kerjasama guru PAI dan guru Pembimbing akan menghambat keberhasilan dalam mengatasi masalah dalam baca tulis dan Al-Qur’an sehingga perlu diadakanya kerjasama secara optimal antara guru PAIdan guru Pembimbing agar tercapai hasil yang diinginkan dalam mengatasi masalah dalam baca tuis dan Al-Qur’an, sehingga tidak ada lagi siswa yang mengalami masalah dalam baca tulis dan Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 13 Feb 2020 01:54
Last Modified: 13 Feb 2020 01:54
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2517

Actions (login required)

View Item View Item