Perwitasari, Rahma (2018) Peran Guru Akidah Akhlak dalam Pengimplementasian Pendidikan Karakter di SMA Muhammadiyah 1 Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI RAHMA PERWITASARI NPM. 14115201.pdf - Other Download (4MB) | Preview |
Abstract
Peran guru sangatlah penting bagi pengembangan karakter peserta didiknya. Pendidikan karakter bagi siswa adalah suatu keniscayaan dalam pencapaian tujuan pendidikan. Oleh karena itu, peran guru khususnya guru akidah akhlak sangat diperlukan dalam pengimplementasian pendidikan karakter di sekolah. Namun demikian, pada kenyataannya peran guru akidah akhlak baik sebagai pendidik, pengajar, pembimbing dan pelatih belum sepenuhnya dapat diimplementasikan secara optimal sehingga harus diadakan penelitian lebih lanjut untuk kemajuan SMA Muhammadiyah 1 Kota Metro itu sendiri.Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) BagaimanaperanguruakidahakhlakdalampengimplementasianpendidikankarakterdiSMA Muhammadiyah 1 Kota Metro ? 2) Apa saja kendala yang dihadapi oleh guru dalam pengimplementasian pendidikan karakter di SMA Muhammadiyah 1 Kota Metro ?Tujuandari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peran guru akidah akhlak dalam pengimplementasian pendidikan karakter di SMA Muhammadiyah 1 Kota Metro,2)Untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang dihadapi guru dalam Pengimplementasian pendidikan karakter di SMA Muhammadiyah 1 Kota Metro.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan dengan sember data primer adalah guru akidah akhlak dan siswa, dan sumber data sekunder adalah catatan-catatan, foto-foto, atau dokumen-dokumen penting dan lain-lain yang dapat memperkaya data primer. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penjamin keabsahan data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi teknik. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data secara induktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru akidah akhlak dalam pengimplementasian pendidikan karakter di SMA Muhammadiyah 1 Kota Metro telah berjalan dengan baik.Faktor pendukung guru dalam pengimplementasian pendidikan karakter di SMA Muhammadiyah I Kota Metroadalah 1) Kurikulum yangmendukung pendidikan karakter di sekolah, 2) Pengajaran, proses pengajaran baik di dalam ataupun di luar kelas, 3) Sarana Dan Prasarana yang lengkap, 4) Lingkungan yang baik akan membawa dampak positif bagi diri peserta didik dan membentuk karakter yang baik di dalam dirinya. Faktor yang menjadi penghambat guru dalam pengimplementasian pendidikan karakter di SMA Muhammadiyah 1 Kota Metro adalah jam mengajar guru yang singkat. Kedua faktor tersebut dapat mempengaruhi pengimplementasian pendidikan karakter di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 13 Feb 2020 02:02 |
Last Modified: | 13 Feb 2020 02:02 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2519 |
Actions (login required)
View Item |