Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Metode Pendidikan Anak dalam Islam Perspektif Al-Quran

Farida, Nurul (2018) Metode Pendidikan Anak dalam Islam Perspektif Al-Quran. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI NURUL FARIDA.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Al-Quran adalah petunjuk bagi umat manusia, al-Qur’an menempatiposisi sentral dalam pendidikan Islam. Al-Quran merupakan sumber inspirasidan motivasi bagi setiap muslim untuk berfikir, berkreasi dan bertindak Selama al-Quran belum ditempatkan sebagai petunjuk dalam menciptakandan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi berarti belummemahami secara mendasar konsep pendidikan dalam Islam, termasuk didalamnya konsep metodologi pendidikan. Banyak sekali konsep metodependidikan yang telah diterapkan dalam membimbing ataupun mengajarianak, tetapi nyatanya masih banyak yang hanya sekedar diterapkan dan anakmasih jauh sekali dari nilai nilai luhurislam itu sendiri. Sehingga perlu adanya pengonsepan tentang metode pendidikan anak dengan berlandaskan al-Qur’an dengan tujuan agar pendidkan secara Islam itu tercapai dengan baik.

Untuk memperoleh data daalam penelitian ini, digunakan metodepenelitian kepustakaan (library research), dengan cara mencari,mengumpulkan, membaca, dan menganalisis sumber-sumber yang sesuai dengan judul penelitian. Adapun jenis penelitian dalam skripsi ini adalahpenelitian kualitatif. Dari data yang penulis himpun, maka penulismenganalisis rujukan utama yaitu tafsir surah al-Ahzab dan surah Luqman.Setelab di analisis dan dengan berpacu dari beberapa referensi.

Dari analisis yang penulis lakukan, maaka penulismenguraikan setidaknya ada empat metode pendidikan anak dalam Islamberdasrkan al-Qur’an Surah An-nahl dan Al-ahzab,yaitu: metode keteladanan (Pendidikan dan pengajaran dengan cara pendidik memberi contoh teladan yang baik kepada anak agar ditiru dan dilaksanakan), metode Nasihat (Metode mendidik anak dengan memberikan petuah-petuah yang telah diajarkan oleh al-Qur’an), metode diskusi(bertukar Pikir atau bermusyawarah menemukan jalan yang paling baik dan tepat)danmetode hukuman (metode dengan pemberian hukuman-hukuman yang dapat membuat anak jera atas perlakuan buruknya).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 13 Feb 2020 02:19
Last Modified: 13 Feb 2020 02:19
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2520

Actions (login required)

View Item View Item