Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh label halal dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian produk makanan olahan impor (pada masyarakat Muslim Kota Metro)

Oktaviani, Nicky (2019) Pengaruh label halal dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian produk makanan olahan impor (pada masyarakat Muslim Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 025.FEBI.2019.pdf - Other

Download (7MB) | Preview

Abstract

Makanan merupakan kebutuhan manusia yang paling penting. Seseorang diberi kebebasan sepenuhnya dalam mengonsumsi apapun yang dibutuhkannya. Akan tetapi dalam membuat keputusan pembelian, seseorang tidak diperkenankan mengonsumsi makanan yang tidak halal (haram). Maraknya makanan olahan impor yang berdar di Indonesia, dikhawatirkan memicu masyarakat muslim membeli makanan olahan tidak berdasarkan kepada label halal melainkan hanya memnuhi gaya hidup semata. Untuk itu, peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana tanggapan seseorang mengenai label halal dan apakah gaya hidup mempengaruhi seseorang dalam membeli produk makanan olahan impor di Kota Metro.

Manfaat teoritis hasil penelitian ini dapat di gunakan sebagai referensi dan literatur kepustakaan terkait dengan kajian mengenai label halal dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian produk makanan olahan impor. Adapun manfaat praktis hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukan yang dapat digunakan oleh pihak-pihak terkait seperti perusahaan atau produsen, konsumen dan pembaca. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Purposive Sampling. Jumlah sampel yang digunkan 100 responden yaitu masyarakat muslim Kota Metro. Dengan analisis regresi berganda menggunakan SPSS versi 16 yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel label halal tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan variabel gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemudian melalui uji F bahwa variabel label halal dan gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan.R square sebesar 0,465 menunjukkan bahwa sebesar 46% variasai keputusan pembelian bisa dijelasakan oleh kedua variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 54% dijelaskan oleh variabel lain diluar kedua variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

Kata kunci: label halal, gaya hidup, dan keputusan pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 27 Nov 2019 02:09
Last Modified: 27 Nov 2019 02:09
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/253

Actions (login required)

View Item View Item