Saadah, Anis (2018) Pengaruh Peran Guru Terhadap Efektivitas Belajar Pendidikan Agama Islam SMK Al-Asror Desa Sumbersari Kecamatan Sekampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI ANIS SAADAH NPM. 14113711.pdf - Other Download (5MB) | Preview |
Abstract
Efektivitas belajar merupakan puncak dari sebuah proses dalam kegiatan belajar pada pendidikan formal maupun non formal. Dalam rangka mencapai efektivitas belajar yang baik dari proses belajar itu sendiri, ada berbagai macam aktor yaitu faktor internal siswa dan pendekatan belajar yang dapat menghambat pencapaian efektivitas belajar sesuai dengan apa yang diharapkan. Peran guru sebagai efektivitas belajar sangat penting, artinya guru mempunyai tanggung jawab untuk melihat segala sesuatu yang terjadi dalam kelas untuk membantu proses perkembangan siswa.Adapun masalah yang penulis temukan dari hasil pra-survey pada tanggal 25 Oktober 2017 di SMK Al-Asror Desa Sumbersari Kecamatan Sekampung diperoleh data yang menunjukkan bahwa peran guru telah diberikan namun efektivitas belajar masih kurang maksimal masih ada sebagian besar siswa belum menguasai materi pelajaran Pendidikan Agama Islam dan antusiasme siswa dalam belajar masih rendah. Rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah “apakah ada pengaruh peran guru terhadap efektivitas belajar pendidikan agama Islam SMK Al-Asror Desa Sumbersari Kecamatan Sekampung”.
Penelitian yang penulis lakukan adalah merupakan penelitian kuantitatif, sifat penelitian ini adalah asosiatif. Penelitian ini merupakan penelitian sampel yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengajar terhadap efektivitas belajar Pendidikan Agama Islam dan manfaat penelitian ini untuk menambah pengetahuan, pengalaman serta wawasan untuk perbaikan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Al-Asror Desa Sumbersari Kecamatan Sekampung.Metode yang penulis gunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Untuk mengnalisa data penulis menggunakan rumus Product Moment dengan hasil yang diperoleh adalah rxysebesar 0,52 lebih besar dari r tabel dalam taraf signifikan 5% 0,52>0,355. Sehingga hipotesis nol (Ho) dalam penelitian ini ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.Dengan demikian hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang erat antara peran guru terhadap efektivitas belajar SMK Al-Asror Desa Sumbersari Kecamatan Sekampung. Jadi, semakin baik peran guru yang diberikan maka akan baik pula efektivitas belajar yang diperoleh begitu juga sebaliknya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 13 Feb 2020 03:36 |
Last Modified: | 13 Feb 2020 03:36 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2534 |
Actions (login required)
View Item |