Farida, Yun (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Konsumen Berbelanja Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Alfamart di Kec.Purbolinggo). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
YUN FARIDA 13104874.pdf - Other Download (4MB) | Preview |
Abstract
Keberhasilan sebuah perusahaan dalam memasarkan produknya sangat ditentukan oleh ketepatan strategi yang digunakan. Kualitas pelayanan yang baik merupakan strategi yang dapat dilakukan dalam mewujudkan keinginan dan harapan sehingga akan terciptanya kepuasaan bagi konsumen. Dengan adanya kualitas pelayanan yang baik didalam suatu perusahaan, maka konsumen akan merasa puas dengan pelayanan yang ada. Islam telah mengajarkan kepada umatnya bahwa setiap tindakan bisnis yang dilakukan telah ada etika bisnis Islam yang mengaturnya. Sementara dalam praktiknya di Alfamart kec. Purbolinggo masih ada bentuk pelayanan yang tidak sesuai dengan etika bisnis Islam.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan mengunakan teknik pengumpulan data, wawancara dan dokumentasi. Dalam hal ini, kegiatan wawancara dilakukan dengan kepala toko, karyawan toko, dan beberapa sampel konsumen.
Dari hasil penelitian ternyata ada beberapa bentuk pelayanan yang tidak sesuai dengan etika bisnis Islam. Ada pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan standar pelayanan yang ada di Alfamart, ada pelayanan yang diberikan tidak sesuai janji yang telah diberikan kepada konsumen, ada pelayanan yang tidak adil dalam melayani konsumen dan tidak adanya waktu khusus yang diberikan pihak Alfamart untuk beribadah, membuat masih adanya pelayanan yang dilakukan ketika memasuki waktu sholat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Saiful Manaf M.Pd.I |
Date Deposited: | 17 Feb 2020 02:57 |
Last Modified: | 17 Feb 2020 02:57 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2539 |
Actions (login required)
View Item |