Rahayu, Rani (2019) Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap citra perusahaan ditinjau dari etika bisnis islam (Studi Kasus pada CV Gunung Mas Putra Kencana (GMPK) Kecamatan Way Seputih Kabupaten Lampung Tengah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Skripsi 027.FEBI.2019.pdf - Other Download (6MB) | Preview |
Abstract
Kemajuan dunia industri tersebut tidak sejalan dengan perbaikan kesejahteraan masyarakat termasuk kerusakan lingkungan akibat pengoperasiannya, sehingga mengakibatkan ketidakpercayaan masyarakat terhadap perusahaan. Oleh karena itu, untuk menarik simpati dan kepercayaan masyarakat, perusahaan melakukan gerakan peduli terhadap lingkungan sebagai langkah untuk menciptakan citra positif perusahaan. Melalui aktivitas corporate social responsibility (CSR). Melalui aktivitas CSR CV GMPK berupaya menunjukan kepedulian yang diharapkan dapat menarik simpati masyarakat serta konsumen, sehingga dapat membentuk citra perusahaan yang nantinya akan membawa pada arah kemajuan dan sebagai wujud eksistensi perusahaan. Oleh karena itu pokok permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah pengaruh corporate social responsibility terhadap citra perusahaan pada CV Gunung Mas Putra Kencana. Dan tinjauan etika bisnis islam terhadap pengaruh CSR terhadap citra perusahaan pada CV Gunung Mas Putra Kencana.
Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh corporate social responsibility terhadap citra perusahaan pada CV gunung mas putra kencana. Dan tinjauan etika bisnis islam terhadap pengaruh CSR terhadap citra perusahaan pada CV Gunung Mas Putra Kencana. Dalam penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data wawancara sebagai metode utama memperoleh keterangan-keterangan yang berhubungan dengan kegiatan corporate social responsibility. Selain itu, digunakan juga metode dokumentasi sebagai pelengkap untuk memperoleh tambahan. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis secara induktif.
Berdasarkan hasil analisis data, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa kegiatan CSR yang dijalankan CV Gunung Mas Putra Kencana dapat mempengaruhi citra perusahaan. Yakni kesanggupan perusahaan dalam merekrut dan mempertahankan karyawan, konsisitensi perusahaan dalam mendapatkan dukungan positif dari publik, dan keberpihakan publik ketika terjadi masalah. Selain itu kegiatan csr merupakan kegiatan yang sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 27 Nov 2019 02:19 |
Last Modified: | 27 Nov 2019 02:19 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/255 |
Actions (login required)
View Item |