Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Perilaku Konsumen Terhadap Jual Beli Emas Menurut Etika Bisnis Islam (Study Kasus Toko Emas Hj. Slamet Pasar Cendrawasih Metro Pusat)

Larashati, Narendraestri (2017) Perilaku Konsumen Terhadap Jual Beli Emas Menurut Etika Bisnis Islam (Study Kasus Toko Emas Hj. Slamet Pasar Cendrawasih Metro Pusat). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Narendraestri Larashati - 1288634.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perilaku konsumen adalah tindakan-tindakan yang dilakukan oleh individu, kelompok atau organisasi yang berhubungan dengan proses pengambilan keputusan dalam mendapatkan, menggunakan barang-barang atau jasa ekonomis yang dapat dipengaruhi lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan pola berfikir induktif dengan data yang diperoleh dari hasil wawancara dan dokumentasi yang menghasilkan beberapa kesimpulan yang mudah dipahami.

Berdasarkan hasil penelitian perilaku konsumen terhadap jual beli emas di toko Hj. Slamet Pasar Cendrawasih dapat disimpulkan bahwa ada beberapa prinsip dalam etika bisnis islam yang belum sesuai terhadap praktik jual beli di toko emas Hj. Slamet. Prinsip-prinsip tersebut adalah: Pertama, prinsip tauhid yaitu tindakan yang dilakukan oleh umat manusia adalah semata-mata karena beribadah kepada Allah SWT, dapat diartikan bahwa setiap tindakan konsumsi yang dilakukan hendaklah berdasarkan syariah Islam yang telah ditentukan oleh Allah Swt. Kedua, prinsip keseimbangan/keadilan, dalam prinsip tersebut mengandung makna bahwa konsumen dalam berkonsumi hendaklah memikirkan antara keseimbangan kehidupan dunia dan akhirat, tidak hanya memikirkan kepuasan semata tetapi tidak memikirkan kehidupandi akhirat kelak. Ketiga, kehendak bebas, maksudnya adalah umat manusia memiliki kebebasan untuk melakukan konsumsi selama sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Keempat, prinsip tanggung jawab, maksudnya adalah apa yang telah dilakukan oleh umat manusia hendaklah dipertanggung jawabkan kelak di akhirat nanti. Kelima, prinsip kejujuran dan kebenaran yaitu dalam tindakan bermuamalah hendaklah menanamkan prinsip kejujuran dan kebenaran.

Para konsumen sebaiknya lebih mempertimbangkan kembali dalam membelanjakan harta mereka. Karena dalam etika bisnis Islam ada beberapa prinsip yang harus lebih diperhatikan kembali demi mendapatkan keberkahan dan keseimbangan kehidupan di dunia dan akhirat, serta dalam mengkonsumsi suatu barang hendaklah membawa manfaat bagi kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 17 Feb 2020 01:42
Last Modified: 17 Feb 2020 01:42
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2551

Actions (login required)

View Item View Item