Astik, Puji Cahyo (2017) Pengembangan Produk Melalui Diversifikasi dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan (Studi pada Pabrik Roti Sari Asri Hadimulyo Timur Metro Pusat). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
CAHYO ASTIK 13103844.pdf - Other Download (1MB) | Preview |
Abstract
Disetiap usaha akan mengalami yang namanya untung dan rugi, tapi seseorang harus menemukan cara agar bisa selalu mendapatkan keuntungan dan terhindar dari kerugian. Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum melainkan mereka mau mengubahnya sendiri. Begitu pula dengan bisnis/usaha ada saat nya usaha itu jaya ada juga saatnya usaha itu menjadi memburuk. Disaat saat seperti ini maka pemilik harus cepat tanggap dalam menghadapi sebuah masalah. Dengan segera mengambil keputusan dalam rangka menyelesaikan permasalahan yang ada. Sama halnya yang dilakukan oleh Bapak Tatang dengan segera mengambil keputusan setelah melihat pergerakan dari produksi maupun volume penjualan yang semakin menurun yakni dengan menerapkan strategi diversifikasi. Strategi diversifikasi adalah upaya penganekaragamanjenis produk dari yang sejenis menjadi berbagai macam jenis. Dengan demikian berbagai macam produk yang ada diharapkan dapat menggugah minat konsumen agar tertarik membeli produk yang dihasilkan perusahan.
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research)sedangkan sifat dari penelitian ini adalah deskriftif dengan dengan teknik analisis kualitatif dan metode berfikir secara induktif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer, dan skunder. Sumber data primer digunakan untukuntuk mendapatkan informasi mengenai pengembangan produk melalui diversifikasi dalam upaya meningkatkan volume penjualan. Sedangkan data skunder digunakan untuk menggali nformasi dari berbagai macam teori yang berkaitan dengan permasalahan yang ada.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa pengembangan produk melalui diversifikasi dalam upaya meningkatkan volume penjualan sudah dilakukan dengan sebaik mungkin oleh pemilik pabrik roti sari asri. Strategi yang diterapkan adalah strategi produk dimana prusahaan lebih cenderung mengutamakan dari sisi produk. Sehingga kebijakan strategi diversifikasi menjadi satu lnagkah yang diambil untuk mengatasi penurunan volume penjualan. Meskipun sudah dilakukan upaya pnganekaragaman jenis produk akan tetapi volume penjualan belum mampu menembus angka pada masa kejayaan yakni berkisar 2.160.000 per tahun sedangkan setelah dilakukan diversifikasi volume penjualan hanya menembus angka 1.159.200 per tahun dengan demikian pengembangan produk melalui diversifikasi dirasa belum mampu memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan volume penjualan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Saiful Manaf M.Pd.I |
Date Deposited: | 17 Feb 2020 01:07 |
Last Modified: | 17 Feb 2020 01:07 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2557 |
Actions (login required)
View Item |