Komsinah, Siti (2017) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kenaikan Harga Sembako Ditinjau dari Ekonomi Islam (Studi Pada Pedagang Sembako di Pasar Raman Utara). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Siti Komsinah - 1289284.pdf - Other Download (11MB) | Preview |
Abstract
Harga merupakan salah satu unsur yang terdapat dalam transaksi jual beli yaitu adanya harga yang jelas dari benda yang diperjualbelikan. Oleh karena itu harga suatu produk merupakan salah satu penentu atas besarnya permintaan pasar. Demikian harga selalu menjadi ukuran apakah seseorang akan melakukan pembelian atau tidak untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dimana sekarang ini harga sembako melonjak (naik)sebab kebutuhan pokok selalu mengalami fluktuasi harga. Ada kalanya harga mengalami kenaikan dan penurunan. Hal ini berakibat pada tinggi rendahnya permintaan dan penawaran konsumen terhadap suatu barang tertentu maupun pada proses produksi.Kenaikan harga jugadisebabkan karena adanya faktor yang mempengaruhi kenaikan harga kebutuhan pokok (sembako)yaitu kelangkaan barang atau ketersediaan terbatas. Karena keperluan akan bahan pokok tersebut, para pedagang memanfaatkan dengan menjual kebutuhan bahan pokok, salah satunya adalah menjual sembako. Meskipun sebenarnya harga sembako sering mengalami ketidakstabilan harga, bahkan sering mengalami kenaikan yang disebabkan faktor-faktor tertentu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi kenaikan harga sembako di pasar Raman Utara, serta untuk mengetahui tinjauan Ekonomi Islam tentangfaktor-faktor yang mempengaruhi kenaikanharga.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap pedagang sembako, dan kepala dinas pasar Raman Utara. Selanjutnya dokumentasi sebagai pelengkap untuk memperoleh data tambahan.
Dari hasil penelitian, ternyata kenaikanharga dipengaruhi oleh keterlambatan barang kebutuhan pokok (sembako),menurunya hasil produksi yang disebabkan oleh cuaca yang tidak mendukung, sumber pasokan, dan penawaran permintaan. Hal ini menjadikanpedagang sembako merasa kesulitan untuk mendapatkan barang dagangnya. Bila ditinjau dari Ekonomi Islam,pedagang sembako dalam mementukan hargadan saat berdagangsudah sesuai dengan beberapa prinsip Ekonomi Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Saiful Manaf M.Pd.I |
Date Deposited: | 14 Feb 2020 04:28 |
Last Modified: | 14 Feb 2020 04:28 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2567 |
Actions (login required)
View Item |