Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Hubungan Antara Pemanfaatan Sumber Belajar dan Displin Belajar DenganHasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMKN 1 Metro

Rahmi, Nindia Desita (2019) Hubungan Antara Pemanfaatan Sumber Belajar dan Displin Belajar DenganHasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMKN 1 Metro. Masters thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
NINDIA DESITA RAHMI.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh individusetelah proses belajar berlangsung, yang dapat memberikan perubahan tingkah laku baik pengetahuan, pemahaman, sikap dan keterampilan siswa sehingga menjadi lebih baik dari sebelumnya. Akan tetapi selalu saja ditemukan perbedaan yang cukup signifikan antarahasil belajar pendidikan agama di sekolah umum dengan sekolah agama sebagaimana yang dikatakan Kepala Sekolah SMKN 1 Metro bahwa rata-rata nilai ujian akhir sekolah untuk Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Metro adalah nilai 6.5 hingga 7,50. dan idealnya adalah rata-ratanilai 8".
Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif.Populasi penelitian ini ada 1.241 siswa, sedangkan sampelnya berjumlah 124 siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metodeprobability sampling, sedangkan cara pengambilan sampel yang digunakan adalahProportionate Stratified Random Sampling.Untuk memperoleh data-data yang diperlukan dalampenelitianini, penulis menggunakan metode Quesioner,observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu Regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada hubungan antara pemanfaatan sumber belajar dengan hasil belajar PAI siswa SMKN 1 Metro. Jika dipersentasekan bahwa pemanfaatan sumber belajar memiliki sumbangan sebesar 29,7% terhadap hasil belajar PAI siswa SMKN 1 Metro.Pemanfaatan sumber belajar ada hubungannya dengan hasil belajar PAI siswa dengan kategori cukup. Ada hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar PAI siswa SMKN 1 Metro. Jika dipersentasekan bahwa disiplin belajar memiliki sumbangan sebesar 20,8% terhadap hasil belajar PAI siswa SMKN 1 Metro, maka diketahui bahwa disiplin belajar ada hubungannya dengan hasil belajar PAI siswa dengan kategori cukup.Ada hubungan antara pemanfaatan sumber belajar dan disiplin belajar dengan hasil belajar PAI siswa SMKN 1 Metro. Jika dipersentasekan bahwa pemanfaatan sumber belajar dan disiplin belajar memiliki sumbangan sebesar 42,1% terhadap hasil belajar PAI siswa SMKN 1 Metro, sedangkansisanya sebesar 57,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tari Eka Miyanti
Date Deposited: 17 Feb 2020 07:00
Last Modified: 17 Feb 2020 07:00
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2569

Actions (login required)

View Item View Item