Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Media Internet dalam Pembelajaran Fiqh di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 2 Pubian Kabupaten Lampung Tengah

Suroso, . (2018) Penggunaan Media Internet dalam Pembelajaran Fiqh di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 2 Pubian Kabupaten Lampung Tengah. Masters thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SUROSO 1605711.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

S umber belajar merupakan salah satu komponen dalam pembelajaran. Sehingga komponen pembelajaran tersebut diharapkan mampu untuk mendisain pembelajaran dan kegiatan edukatif. Guru mempunyai peran utama dalam memberikan pengetahuan (cognitif), sikap dan nilai (affective) dan ketrampilan (psikomotor). Pembelajaran fiqih akan memberikan pemahaman terhadap hukum syar’i mengenai perbuatan prilaku yang memerlukan pengetahuan mendalam bersumber dari Al-Qur’an dan Hadist. Internet sebagai salah satu media pembelajaran sangat dibutuhkan saat ini, baik secara langsung, sebagai media pembelajaran jarak jauh atau sebagai sarana bagi siswa untuk mencari berbagai sumber informasi materi pelajaran yang akan efektif dan lebih mudah diterima.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:1) Bagaimana penggunaan media internet dalam pembelajaran fiqh di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 2 Pubian. 2)Adakah hambatan penggunaan media internet dalam pembelajaran fiqh di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 2 Pubian. 3) Upaya apa saja mengatasi hambatan penggunaan media internet dalam pembelajaran fiqh di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 2 Pubian.
Jenis penelitian ini lapangan (field research. Sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu bentuk penelitian yang ditunjukkan untuk mendiskripsikan fenomena yang ada. Sumber data utama dalam penelitian kualitatif adalah kata-kata, dan tindakan dari orang yang diobservasi atau diwawancarai, selebihnya adalah data tambahan, seperti dokumen penelitian. Informan yaitu objek penting dalam sebuah penelitian. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan tri angulasi. Sedangkan analisis data dengan reduksi data, penyajian datapenarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan 1)Penggunaan mediadalam proses pembelajaran harus mampu menguasai berbagai metode pembelajaran, karena metode pembelajaran sangat penting bagi guru. Proses pemilihan media yang digunakan oleh guru fiqih pada saat mengajar tidak cukup hanya dengan ceramah akan tetapi media yang internetjuga digunanakan untuk menguatkan proses pemelajaran, serta pemilihan materi yang disampaikan juga sangat penting. 2) Faktor penghambat sarana prasarana, guru, atau siswa itu sendiri, karena setiap mata pelajaran itu kadang ada yang menyukai dan ada yang tidak menyukai, situasi pembelajaran dan bisa jadi penugasan, dari penugasan yang harus dilakukan siswa kadang siswa mendengarkan dengan benar.3) Upaya mengatasi hambatan dalam penggunaan media internet sangat penting dan berguna sekali dalam proses pembelajaran. karena dengan bantuan penggunaan media internet. Jika penggunaan media internet tidak dikuasai dengan benar,maka pada satu sisi guru akan ketinggalan teknologi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tari Eka Miyanti
Date Deposited: 17 Feb 2020 07:01
Last Modified: 17 Feb 2020 07:01
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2572

Actions (login required)

View Item View Item