Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Kurikulum Nasional Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren Al-Fatah Jadimulyo Sekampung Lampung Timur

Prayogi, Endar Evta Yuda (2018) Implementasi Kurikulum Nasional Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren Al-Fatah Jadimulyo Sekampung Lampung Timur. Masters thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
ENDAR EVTA YUDA PRAYOGI 1605921.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan agama Islam merupakan salah satu kurikulum yang diajarkan pada lembaga atau institusi kelembagaan berciri khas agama Islam. pendidikan agama Islam diberikan mulai dari pendidikan tingkat dasar sampai perguruan tinggi. Tingginya kebutuhan pendidikan agama Islam ditunjukkan dengan banyaknya lembaga pendidikan yang menjadikan pendidikan agama Islam sebagai kurikulum utama dengan landasan bahwa pendidikan agama Islam menjadi dasar dalam membentuk pribadi dan moral seseorang. Kurikulum pendidikan agama Islam disusun dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan nasional dengan memperhatikan tahap perkembangan dan kesesuaian lingkungan agama, kebutuhan, perkembangan ilmu pengetahuan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:1) Implementasi kurikulum pendidikan agama islam di Pondok Pesantren Al-Fatah Jadimulyo Kecamatan Sekampung. 2)Faktor yang menghambat implementasi kurikulum pendidikan agama Islam di Pondok Pesantren Al-Fatah Jadimulyo Kecamatan Sekampung.3).Upaya mengatasi hambatan implementasi kurikulum pendidikan agama Islam di Pondok Pesantren Al-Fatah Jadimulyo Sekampung.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif lapangan (field research) yang bersifat deskriftif yaitu menggambarkan adanya kenyataan faktual yang ditemukan dilapangan, sifat penelitian ini adalah deskriptif. “yaitu suatu bentuk penelitan yang ditunjukkan fenomena yang ada. Sumber yang di dapat dari orang pertama yaitu sumber data utama penelitian kualitatif ialah kata-kata dan tindakan. Informan adalah objek penting dalam sebuah penelitian. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan tri angulasi. Sedangkan analisis data dengan reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan .1) Implementasi kurikulum pendidikan agama Islam Pondok Pesantren yaitu Sebuah kurikulum yang telah dikembangkan dan digunakan secara aktual. Keberhasilan implementasi terutama ditentukan oleh aspek penjadwalan, sistem pengajaran, perangkat pembelajaran dan guru sebagai pelaksana kurikulum, kurikulum mempunyai peran penting dalam perkembangan suatu lembaga pendidikan, karena kurikulum merupakan salah satu faktor atau alat utama dalam jalannya pembelajaran untuk membentuk perkembangan siswa.2) Faktor penghambat penyususunan konsep kurikulum, kemampuan bacatulis Al-Qur’an siswa/santrijuga menjadi kendala dalam kegiatan pembelajaran pendidikan Agama Islam dengan menggunakan kitab-kitab, keterbatasan pengetahuan pada metode pembelajaran yang menyenangkan disamping menggunakan metode bandongan pembelajaran kitab.3)Upaya mengatasi hambatan Ustad pengajar kitab sebagian hanya pendidikan di pesantren sehingga kurang pengetahuan tentang metode pembelajaran modern yang menyenangkan, upaya untuk mengembangkan potensi diri ustadzpemimpin.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tari Eka Miyanti
Date Deposited: 17 Feb 2020 03:54
Last Modified: 17 Feb 2020 03:54
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2577

Actions (login required)

View Item View Item