Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Standar Proses dalam Pembelajaran Fiqh di MTs Se-Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur

Chaeroni, Hariyati Cahaya (2018) Implementasi Standar Proses dalam Pembelajaran Fiqh di MTs Se-Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur. Masters thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
TESIS HARIYATI CAHAYA CHAERONI, NPM. 1605941.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Peningkatan pendidikan merupakan suatu proses yang terintegrasi dengan dalampeningkatan kualitas sumber daya manusia, sehingga memerlukan penanganan secara menyeluruh karena dalam kehidupan suatu bangsa, pendidikan memegang peranan yang sangat penting untuk menjamin kelangsungan hidup negara dan bangsa, juga merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia.Standar Proses adalah kriteria mengenai pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: 1) Bagaimana implementasi standar proses dalam Pembelajaran Fiqh di MTs Se-Kecamatan Purbolinggo 2) Bagaimanakah proses guru dalam melaksanakan pembelajaran Fiqhdi MTs Se-Kecamatan Purbolinggo.3).Bagaimanakah teknikguru dalam mengevaluasi Pembelajaran Fiqh di MTs Se-Kecamatan Purbolinggo.
Jenis penelitian adalah penelitian lapangan. Sifat penelitian ini deskriptif yaitu penelitian yang semata-mata menggambarkan keadaan suatu objek. Sumber data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua macam, yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Informan adalah objek penting dalam sebuah penelitian. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan triangulasi. Sedangkan analisis data dengan reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa.1) Perencanaan pembelajaran Fiqih yang dilakukan guru berpedoman pada aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, seperti penyusunan RPP yang dikembangkan dari silabus yang telah ditentukan untuk setiap jenjang. Jadi bisa dikatakan bahwa RPP yang disusun tidak terlepas dari aturan baku yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat, 2) Pelaksanaan standar proses oleh guru dalam pembelajaran Fiqih di MTs Se-Kecamatan Purbolinggoyaitu pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru mengacu pada standar proses yang telah ditentukan oleh pemerintah, dimana di dalam standar proses terdapat pelaksanaan pembelajaran yang memiliki beberapa bagian yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. 3) Evaluasi yang dilakukan guru dalam pembelajaran Fiqih di MTs Se-Kecamatan Purbolinggo yaitu dilihat dari standar penilaian yang telah ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan kurang sesuai dengan aturan tersebut. Seperti penilaian afektif dan psikomotorik, karena guru menyusun sendiri instrument untuk melakukan evaluasi. Sedangkan pada aspek kognitif sudah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tari Eka Miyanti
Date Deposited: 14 Feb 2020 04:28
Last Modified: 14 Feb 2020 04:28
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2578

Actions (login required)

View Item View Item