Mayasari, Liya Masda (2016) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri Sosial Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 1 Asto Mulyo Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
cover 2-dikonversi.pdf - Other Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar yang meliputi guru dan peserta didik yang saling bertukar informasi. Tujuan pembelajaranadalah perilaku hasil belajar yang diharapkan terjadi, dimiliki, atau dikuasai oleh peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran tertentu. Namun pada kenyataannya hal tersebut belum sepenuhnya terwujud karena pada kenyataannya aktivitas dan hasil belajar yang dicapai peserta didik masih belum maksimal dan belum seperti yang diharapkan khususnya pada peserta didik kelas V SDN 1 Astomulyo. Belum maksimalnya aktivitas dan hasil belajar yang diperoleh peserta didik dikarenakan beberapa masalah yang terjadi saat pembelajaran terutama yang berhubungan dengan penggunaan strategi dalam pembelajaran dimana penggunaan strategi pembelajaran yang cenderung monoton sehingga siswa lebih aktif dengan aktivitas mereka sendiri dan belum di terapkan metode-metode lain.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalahapakah penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri Sosial dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Astomulyo Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas V SDN 1 Astomulyo dengan menggunakn strategi pembelajaran inkuiri sosial tahun pelajran 2015/2016.Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian tindakan kelas yang dikembangkan oleh Suharsismi Arikunto. Adapun Pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini berupa lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Analisis data dengan menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian yang telahdilaksanakan bahwasanya aktivitas dan hasil belajar peserta didik meningkat melalui penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri Sosial. Hal ini dapat dilihat dari presentase ketuntasan hasil belajar siswa yaitu sebesar 62% pada siklus I, menjadi 83% pada siklus II, mengalami peningkatan sebesar 21%. Selanjutnya aktivitas peserta didik secara keseluruhan meningkat dari 72% menjadi 85% dan mengalami peningkatan 13%. Dari hasil analisis dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan strategi pembelajaran inkuiri sosialdapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS SDN 1 Astomulyo tahun pelajaran 2015/2016 dan tetap dapat digunakan dalam pembelajaran IPS di kelas V SDN 1 Astomulyo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 14 Feb 2020 07:25 |
Last Modified: | 14 Feb 2020 07:25 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2580 |
Actions (login required)
View Item |