Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Metode Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Banjarrejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur TP. 2013/2014

Sandaria, Yusi (2014) Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Metode Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Banjarrejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur TP. 2013/2014. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi-dikonversi.pdf - Other

Download (318kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran di dalam kelas interaksi antara guru dan siswa sangatlah penting,guru yang kurang memperhatikan metode pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran akan menimbulkan proses pembelajaran tidak akan berjalan efektif dan kurang diminati siswa sehingga siswa akan merasa bosan selama proses pembelajaran berlangsung yang akan berdampak pada hasil belajar siswa rendah. Berdasarkan prasurvei di SDN 2 BanjarrejoBatanghariLampung Timur pada pelajaranIlmu Pengetahuan Alam (IPA)diperolehdata yaitu masih kurangnya motivasi dan hasil belajar siswa terhadapIPA. Berdasarkan masalah tersebut maka solusinya adalah penulis mengajukan penggunaan metode inkuiri.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di SDN 2 Banjarrejo BatanghariLampung Timur Tahun Pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode inkuiri dalam meningkatkanmotivasi danhasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAkelas IV SDN 2 Banjarejo Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2013/2014.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasidan tes hasil belajar. Lembar observasidigunakan untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan Tes hasil belajar digunakan untuk mengukur kemampuan siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakanmetode inkuiri.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalahsiswakelas IV SDN 2 Banjarrejo BatanghariLampung Timur dengan jumlah 13siswa pada mata pelajaran IPA.Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatanmotivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Banjarrejo Tahun Pelajaran 2013/2014,rata-rata persentase ketuntasan pada siklus I sebesar 46,2% dan siklus II sebesar 76,9%, atau terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 30,7%. Hal ini menunjukkanbahwa pembelajaran menggunakan metode inkuiri dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Banjarrejo Batanghari Lampung Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 14 Feb 2020 08:04
Last Modified: 14 Feb 2020 08:04
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2582

Actions (login required)

View Item View Item