Mahmud, Muhammad Wildan (2017) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Siswa Kelas IV SDN 1 Sukadana Baru Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
1 SKRIPSI FIX TINGGAL CETAK.pdf - Other Download (12MB) | Preview |
Abstract
Hasil observasi peneliti saat proses pembelajaran matematika berlangsung di SDN 1 Sukadana Baru, Guru sudah melakukan pembelajaran dengan baik, namun masih ada sebagian siswa yang belum dapat mengikuti pembelajaran dengan baik, Guru menyampaikan dengan berceramah, serta mengajukan pertanyaannamun para siswa ada yang mengantuk saat guru berceramah dan ada siswa yang agak malu-malu bahkan tidak berani untuk menjawab pertanyaan dari guru tersebut. Peneliti juga menemukan bahwa siswa sangat pasif sekali dan merasa enggan bila diminta oleh guru untuk maju ke depan mengerjakan tugas yang telah diberikan, diberi pertanyaan oleh guru siswa masih terlihat malu-malu bahkan tidak berani untuk menjawab seperti tidak ada rasa percaya diri dari siswa tersebut, sehinga siswa terlihat murung atau diam diri tak bersuara padahal guru sudah berusaha merayu tidak akan menghukumnya jika jawabannya kurang benar. Kondisi tersebut nampaknya membuat susana proses pembelajaran belum terlihat begitu efektif, serta hasil belajar siswa pada semester ganjil tahun pelajaran2016/2017 pada mata pelajaran matematika masih banyak siswa yang belum mencapai KKM.
Berdasarkan latar belakang penelitian maka penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Sukadana Baru pada mata pelajaran matematika melalui pembelajaran koopertaif tipe NHT.Adapun untuk teknik pengumpulkan data yang diinginkan dan diperlukan, maka dalam penelitian ini peneliti mengunakan tekniktes yang digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa dalam penerapan model NHTagardigunakan dalam pre-test dan pos-test setiap siklus-nya untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, lembar observasi yang digunakan untuk memperoleh data aktivitas siswa selama pembelajaran matematika, serta teknik analisa data berupa data rata-rata dan persentase.Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Sukadana Baru Tahun Pelajaran 2016/2017. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 45,84% dengan nilai rata-rata 68,83 dan pada siklus II sebesar 83,33%, dengan nilai rata-rata 74,66 atau mengalami peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 37,49%
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 17 Feb 2020 03:15 |
Last Modified: | 17 Feb 2020 03:15 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2595 |
Actions (login required)
View Item |