Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penanaman nilai-nilai keagamaan di Raudhatul Athfal Darussalam Banjar Negeri Kecamatan Natar Lampung Selatan

Widayanti, Margareta Dwi (2020) Penanaman nilai-nilai keagamaan di Raudhatul Athfal Darussalam Banjar Negeri Kecamatan Natar Lampung Selatan. Masters thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
TESIS MARGARETA DWI WIDAYANTI NPM. 1706481.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan sejak usia dini itu dikatakan sangat penting, dikarenakan pendidikan ini merupakan awal dari pengetahuan-pengetahuan dasar yang harus dimiliki oleh para peserta didik. Hal ini sesungguhnya menjadi landasan pemerintah untuk mengkaji lebih dalam tentang keutamaan pendidikan anak usia dini.pendidikan harus dapat memberikan pelayanan kepada peserta didik yang sesuai dengan kebutuhan masa kini dan masa yang akan datang. Sebab di masa mendatang keadaannya akan jauh berbeda dengan kondisi saat ini. Oleh karena itu nilai-nilai keagamaan perlu ditanamkan pada anak, sedini mungkin untuk membentengi anak dari keadaan buruk peserta didik.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan:1) Bagaimana implementasi/ proses penanaman nilai-nilai keagamaan di Raudhatul Athfal Darusalam Banjar Negeri Kecamatan Natar 2)Bagaimana metode yang digunakan dalam penanaman nilai-nilai keagamaan di Raudhatul Athfal Darusalam Banjar Negeri Kecamatan Natar 3) Faktor-faktor (pendukung dan penghambat) apa sajakah yang mempengaruhi penanaman nilai-nilai keagamaan di Raudhatul Athfal Darusalam Banjar Negeri Kecamatan Natar.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan di lapangan. Sifat penelitian ini deskriptif yaitu penelitian yang semata-mata menggambarkan keadaan suatu objek. Sumber data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua macam, yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Informan adalah objek penting dalam sebuah penelitian. Teknikpengumpulandatanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan triangulasi. Sedangkan analisis data dengan reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa .1) Penanaman nilai-nilai keagamaan di Raudhatul Athfal Darussalam merupakan suatu penanaman nilai-nilai keagamaan yang dilakukan melalui proses pengelolaan kegiatan Raudhatul. Proses pengelolaan kegiatan Raudhatulmeliputi Program Tahunan (PROTA),Program semester (PROSEM), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH). Pelaksanaan kegiatan itu meliputi kegiatan pembuka, kegiatan inti dan diakhiri dengan kegiatan penutup, 2)Metode yang digunakan dalam kegiatan penanaman nilai-nilai keagamaan di Raudhatul Athfal Darussalam meliputi tujuh metode antara lain yaitu metode karyawisata, metode bercerita, metode bermain, metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode peneladanan, metode pembiasaan. 3) Faktor pendukung meliputi: pendidik memiliki keterampilan serta kemampuan menyampaikan materi keagamaan melalui dunia anak dengan kelembutan sehingga peserta didik dapat mudah memahami dan antusias. 4) Evaluasi menjadi salah satu komponen yang penting. Hasil evaluasi dapat menjadi bahan yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 01 Jul 2020 03:53
Last Modified: 01 Jul 2020 03:53
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2610

Actions (login required)

View Item View Item