Islamiyah, Via Varidhotu (2018) Strategi Penetapan Harga dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Jual Beli Kebutuhan Pokok LPG di Way Jepara Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
VIA VARIDHOTUL ISLAMIYAH 13104734.pdf - Other Download (7MB) | Preview |
Abstract
Aktifitas ekonomi dan bisnis selalu memiliki relasi dengan etika, oleh karena itu bisnis tidak bisa dilepaskan dari nilai sosial dan budaya masyarakat dimana etika itu dipraktikkan. Sebagaimana halnya aspek-aspek lain dalam kehidupan manusia yang melibatkan etika, ekonomi dan bisnispun selalu dikaitkan dengan etika sehingga muncullah apa yang disebut dengan etika dalam bisnis dan bisnis yang etis.Ketiadaan moral, nilai, etika dalam bisnis menyebabkan pelaku bisnis melakukan bisnis dengan cara-cara yang tidak fair. Persepsi masyarakat terhadap monopoli mengarah kepada perbuatan bisnis tercela atau curang dan apapun bentuknya harus dihapuskan dan dilarang. Begitu pula pendapat para ulama mengkaji monopoli pada umumnya diarahkan pada penimbunan barang saja (al ihtikar) yakni membeli makanan atau barang yang secara darurat yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan menyimpannya untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.
Muamalah adalah aturan-aturan (hukum) Allah untuk mengatur manusia dalam kaitannya dengan urusan duniawi dalam pergaulan sosial. Salah satu muamalah adalah jual beli. Jual beli adalah suatu perjanjian tukar menukar benda atau barang yang mempunyai nilai secara suka rela di antara kedua belah pihak, yang satu menerima benda-benda dan pihak lain menerimanya sesuai dengan perjanjian atau ketentuan yang telah dibenarkan syara’ dan disepakati. Sesuatu yang urgentdalam jual beli adalah penetapan harga. Penetapanharga menjadi sangat penting untuk diperhatikan mengingat harga merupakan salah satu penyebab laku tidaknya produk dan jasa yang di tawarkan. Penetapan harga harus diperlukan untuk mencegah manusia menjual makanan dan barang lainnya hanya kepada kelompok tertentu dengan harga yang ditetapkan sesuai dengan keinginan mereka.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana strategi penetapanharga persepektif etika bisnis Islam pada jual beli kebutuhan pokok LPG di Way Jepara Lampung Timur. Penelitian inimenggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan pengamatan. Wawancara dilakukan terhadap pemilik toko yang menjual tabung gas elpiji dan beberapa orang sebagai konsumen. Pengamatan diaksanakan dengan mengamati atau melihat langsung keadaan
ivtempat dimanapraktek penetapanharga dilakukan. Semua data-data tersebut dianalisis secara deskriptif.
Dari hasil penelitian,Praktek penetapanhargajual yang tinggi pada suatu barangdisebabkan oleh pedagang yang memanfaatkan keadaansuatu barang daganganyaitu ketika barang mengalami kelangkaanmerupakan salah satu bentukjual beli yang dilarang dan bertolakbelakan dengan etika bisnis Islam, karena dengan melakukan hal tersebut dapat merusak stabilitas ekonomi.Adapun harga yang terjadi pada gas eliji, meskipun dengan harga yang mahal para konsumen terpaksa tetap membelinya, karena masyarakat atau konsumen sangat membutuhkan barang tersebut maka hal tersebut tidak diperbolehkan sebab akan berakibat buruk terhadap perekonomiandan akan menyengsarakan masyarakat yang membutuhkan.Hal ini tentunya di luar konsekuwensi moral yang harus di tanggung konsumen akibat dari penetapanharga yang disebabkan oleh penimbunan barang pokok
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Saiful Manaf M.Pd.I |
Date Deposited: | 18 Feb 2020 02:09 |
Last Modified: | 18 Feb 2020 02:09 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2611 |
Actions (login required)
View Item |